Jurnal Economica: Media Komunikasi ISEI Riau
Vol. 10 No. 2 (2022): Jurnal Economica, Oktober 2022

PENGARUH BI RATE, PERTUMBUHAN HARGA MINYAK DUNIA DAN TARGET INFLASI YANG DITETAPKAN OLEH KEBIJAKAN INFLATION TARGETING FRAMEWORK TERHADAP INFLASI INDONESIA PERIODE 2010 Q1 – 2021 Q4

Camelia Hamidah (Universitas Riau)
Any Widayatsari (Universitas Riau)
Nobel Aqualdo (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh BI Rate, Pertumbuhan Harga Minyak Dunia dan Target Inflasi yang Ditetapkan oleh Kebijakan Frameweok Inflation Targeting terhadap Inflasi Indonesia Periode Q1 – 2021 Q4. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan model analisis regresi linier berganda dengan Ordinary Least Squares (OLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BI rate, pertumbuhan harga minyak dunia dan target inflasi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap inflasi sebesar 5 persen. Secara parsial, BI rate berpengaruh positif dan signifikan terhadap inflasi, pertumbuhan harga minyak berpengaruh positif dan signifikan terhadap inflasi dan sasaran inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap inflasi. Variabel yang mempengaruhi inflasi dijelaskan dalam BI rate, pertumbuhan harga minyak dunia dan sasaran inflasi secara bersama-sama berpengaruh sebesar 69,9045 persen (adjusted R2 = 0,699045) sedangkan sisanya sebesar 30,0955 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Variabel yang memberikan pengaruh dominan antara BI rate, pertumbuhan harga minyak dunia dan sasaran inflasi yang ditetapkan oleh kebijakan kerangka penargetan inflasi terhadap inflasi Indonesia periode Q1 – 2021 Q4 2010 adalah BI rate.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

economica

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economica menerbitkan artikel bidang ekonomi seperti berikut, namun tidak terbatas pada: Sosial Ekonomi Ekonomi Kreatif Ekonomi Pembangunan Pemasaran Manajemen Kebijakan Publik Akuntansi Keuangan e-commerce Bisnis Internasional ...