Tarjih Tropical Livestock Journal
Vol. 2 No. 2 (2022): Tarjih Tropical Livestock Journal

Perilaku Voluntary Feed Intake Kambing yang Dilepas di Perkebunan Lada pada Sistem Integrasi Lada-Kambing

Syahrir Syahrir (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Perikanan dan Peternakan, Universitas Sembilanbelas November)
Muhtar Amin (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Perikanan dan Peternakan, Universitas Sembilanbelas November)
Junaedi Junaedi (Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian Perikanan dan Peternakan, Universitas Sembilanbelas November)
Abdul Hakim Fattah (Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Sinjai)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkah laku voluntary feed intake kambing yang dilepas di perkebunan lada. Model perilaku makan kambing dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan pemeliharaan ternak kambing pada model interaksi antara lada dan kambing. Penelitian ini dilaksanakan di lahan perkebunan lada, kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Penelitian berlangsung selama tiga bulan, ternak yang digunakan sebanyak 17 ekor. Lahan perkebunan lada yang digunakan sebagai habitat penggembalaan seluas 3 hektar dengan jumlah pohon lada 3200 pohon. Manajemen pemeliharaan pada integrasi perkebunan lada dengan peternakan kambing pada penelitian ini yaitu ternak dilepas di area perkebunan lada pada pagi hari pukul 09.00 dan dimasukkan ke kandang pada pukul 17.00 di sore hari. Struktur pekerjaan penelitian ini adalah penelitian deskriptif, cara mendeskripsikan objek penelitian dan keadaan subjek penelitian saat ini berdasarkan fakta-fakta yang telah muncul atau apa adanya. Perilaku voluntary feed intake kambing yang dilepas di perkebunan lada pada sistem integrasi kambing lada yaitu ternak akan memilih sendiri makanan yang disukainya, yaitu jenis tanaman yang dikonsumsi oleh ternak kambing di area perkebunan lada adalah rumput, daun-daunan, gamal, kulit kayu, dan rumput kering. Frekuensi aktivitas voluntary feed intake di area perkebunan lada yaitu 4-8 kali sehari dan ternak kambing melaksanakan aktivitas voluntary feed intake yaitu pagi hari antara pukul 09.00-12.00 dan pukul 14.00-17.00 dan lama aktivitas voluntary feed intake 1-3 jam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tropical

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Veterinary

Description

Tarjih Tropical Livestock Journal menerima artikel dari hasil penelitian (original research article) maupun artikel telaah (review article) dari para akademisi, peneliti, dan praktisi di bidang Peternakan. Ruang Lingkup Jurnal terdiri dari: 1. Nutrisi ternak 2. Produksi ternak 3. Lingkungan ternak ...