Instructional Development Journal
Vol 5, No 2 (2022): IDJ

Pengaruh Peran Guru terhadap Motvasi Belajar dan Pembentukan Karakter Siswa melalui Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar

Erma Yunita (Universitas Terbuka)
Dewi Nasien (Universitas Terbuka)
Mestika Sekarwinahyu (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak permasalahan yang ada dalam proses kegiatan pembelajaran terutama pada giat pembentukan nilai-nilai karakter, sebagaimana setelah peneliti melakukan pengamatan di lapangan yaitu di SD Negeri 173 Pekanbaru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) peran guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SDN 173 Pekanbaru; 2) motivasi Belajar Siswa SDN 173 Pekanbaru; 3) pembentukan Karakter Siswa SDN 173 Pekanbaru; 4) pengaruh peran guru terhadap motivasi belajar siswa melalui implementasi Kurikulum 2013 di sekolah dasar; dan 5) pengaruh peran guru terhadap pembentukan karakter siswa melalui implementasi Kurikulum 2013 di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Sekolah Dasar Negeri 173 Pekanbaru, yang terdiri dari 773 siswa. Alasan digunakannya teknik purposive sampling karena peneliti hanya menggunakan siswa kelas tinggi (4,5 dan 6) yang berjumah 142 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar siswa di SD Negeri 173 Kota Pekanbaru yang diperoleh persentase sebesar 83% dengan kategori TINGGI atau BAIK; 2) Pembentukan karakter siswa di SD Negeri 173 Kota Pekanbaru yang diperoleh persentase sebesar 83% dengan kategori TINGGI atau BAIK; 3) Peran guru dalam mengimplementasikan kurikulum di SDN 173 Pekanbaru diperoleh persentas 91% dengan kategori TINGGI atau SANGAT BAIK; 4) Ada pengaruh peran guru dalam mengimplementasikan kurikulum terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri 173 Pekanbaru dan besar pengaruhnya sebesar 31,5%; dan 5) Ada pengaruh peran guru dalam mengimplementasikan kurikulum terhadap pembentukan karakter di SD Negeri 173 Pekanbaru dan besar pengaruhnya sebesar 21,3%.TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...