Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Penerapan Model Problem Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking and Collaboration Materi Sejarah Indonesia Kelas V SD Negeri Hargorojo Tahun Ajaran 2021/2022

Andi Aprilianto (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Titi Anjarini (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Nur Ngazizah (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model problem based learning dalam upaya meningkatkan kemampuan critical thinking and colaboration materi sejarah Indonesia kelas V SD Negeri Hargorojo (2) mengetahui peningkatan kemampuan critical thinking siswa SD Negeri Hargorojo setelah menggunakan model problem based learning. (3) mengetahui peningkatan kemampuan colaboration siswa SD Negeri Hargorojo setelah menggunakan model problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran problem based learning. Hasil penelitian dijelaskan sebagai berikut: (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Hasil dari pra siklus 33,33, siklus I 78,57, siklus II 92,85. (2) Kemampuan critical thinking dapat meningkat dari pra siklus 28,78, siklus I 77,73, siklus II 83,53. (3) Kemampuan collaboration dapat meningkat dari pra siklus 34, siklus I 77,5, siklus II 94. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan critical thinking and collabiration siswa pada mata pelajaran IPS materi sejarah Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...