Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru PKn dengan Sikap Demokratis Peserta Didik di Kelas XI Semester Ganjil SMK Farmasi YPFSU Medan

Lukman Pardede (Universitas HKBP Nommensen)
Hotmaida Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen)
Sarma Uli Lumbangaol (Universitas HKBP Nommensen)
Putra Gelli Siringo-ringo (Universitas HKBP Nommensen)
Anisa Putri Roma Yana (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Kompetensi Kepribadian Guru PKn dengan Sikap Demokratis Peserta Didik di Kelas XII Farmasi YPFSU Medan. Jenis penelitian ini adalah diskriptif dan korelasional dengan populasi sebanyak 122 orang, dengan sampel penelitian sebanyak 25% dari setiap kelas yaitu berjumlah 30 orang (25% dari 122). Hasil uji kecenderungan tentang kompetensi kepribadian guru pkn adalah kategori sangat baik (53,33%), dan sikap demokratis peserta didik adalah kategori sangat baik (50%). Hasil analisis koefisien korelasi diperoleh rhitung=0,968 dengan menkonsultasikan terhadap nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan jumlah responden 30 orang, diperoleh rtabel=0,361 karena rhitung>rtabel (0,968>0,361) hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kompetensi kepribadian guru pkn dengan sikap demokratis peserta didik. Untuk menguji taraf signifikan hubungan kedua variabel tersebut dilanjutkan dengan uji “t”. Berdasarkan hasil uji t diperoleh harga thitung=20,48 dan ttabel=1,70 pada taraf signifikan 5% n=30 karena thitung>ttabel (20,48>1,70) hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru PKn dengan sikap demokratis peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...