Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Students’ Listening Difficulties in Virtual Classroom: A Case Study in English Department of Hkbp Nommensen University

Fenty Debora Napitupulu (Universitas HKBP Nommensen)
Febrika Dwi Lestari (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesulitan yang dihadapi oleh siswa di kelas virtual mendengarkan. Sebanyak 40 siswa terlibat dalam penelitian ini. Penulis menerapkan metode kualitatif dengan kuesioner dan wawancara semi-terstruktur sebagai alat utama penelitian untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam menyimak kelas virtual dibagi menjadi 3 bagian utama kesulitan isi materi, kesulitan pendengar/siswa, dan kesulitan pengaturan fisik. Temuan menunjukkan bahwa pengetahuan kosa kata, aksen pembicara, kecepatan bicara, kurangnya konsentrasi, dan kualitas materi rekaman adalah masalah utama yang dihadapi siswa. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ketika siswa mengalami kesulitan belajar menggunakan kelas virtual, mereka tidak menikmatinya dan tidak termotivasi untuk mempelajari materi menyimak. Pembelajaran menyimak dengan hasil virtual perlu lebih ditingkatkan lagi. Dosen perlu menyadari tantangan belajar mahasiswa. Dosen dapat membantu mahasiswa dalam menciptakan strategi pembelajaran yang efisien dan pada akhirnya meningkatkan keterampilan mendengar bahasa Inggris dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tantangan belajar mereka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...