Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Pengembangan Modul Bahasa Inggris Tema Covid-19

Kartina Rahmadhani Rambe (STKIP Pangeran Antasari)
Muhammad Reza Pahlevi (Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat modul Bahasa Inggris terkait Covid-19 bagi mahasiswa S1 PGSD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R dan D) menurut model Rowntree, yang terdiri dari tahap perencanaan, pengembangan dan evaluasi. Pada tahap evaluasi digunakan model evaluasi formatif Tessmer dengan tahapan evaluasi diri, evaluasi ahli, evaluasi individu dan evaluasi kelompok. Hasil evaluasi tahap self-assessment dilakukan beberapa kali dengan versi modul, yang diuji tingkat validasinya oleh tim validasi. Pada tahap reviewer, modul tergolong valid dengan rata-rata validasi isi 0,82, validasi format 0,84 dan validasi penyajian 0,84. Pada tahap evaluasi individu, dengan sampel acak sebanyak 3 mahasiswa, hasil jawaban angket yang dikembangkan ketiga siswa tersebut tergolong praktis. Pada tahap penilaian kelompok kecil, sebagai sampel 9 mahasiswa, hasil survei tanggapan mahasiswa terhadap modul menggambarkan relevansi praktis sebagai bahan ajar rata-rata 82,3%. Berdasarkan hasil tahap evaluasi dapat dinyatakan bahwa modul yang dikembangkan telah diuji kepraktisannya untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...