Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di SMP 23 Palembang

Maryance Maryance (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar di SMP 23 Palembang, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini dikategorikan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Sementara itu, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data, analisis data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar, yaitu iklim belajar mengajar yang tepat, mengatur ruangan belajar, mengelola intraksi kegiatan belajar mengajar. Faktor pendukung manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar, yaitu faktor dinamika kelas dan kurikulum; sumber daya manusia yang berkompeten; dan sarana dan prasarana. Faktor penghambatnya, yaitu sarana dan prasarana kurang memadai; dan tujuan pendidikan tidak tercapai secara keseluruhan. Oleh sebab itu, guru harus mengetahui bagaimana cara mengelola atau mengatur kelas yang baik. Maka dalam menyusun desain sistem pembelajaran, hendaknya diawali dengan analisis kondisi dan kemampuan awal peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...