Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol. 1 No. 03 (2022): Edunity : Social and Educational Studies

Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial

Ijah Siti Khodijah (STAI DR. KH. EZ. Muttaqien, Purwakarta)
Alfiah Khodijah (STAI DR. KH. EZ. Muttaqien, Purwakarta)
Najah Adawiyah (STAI DR. KH. EZ. Muttaqien)
Usep Setiawan (STAI DR. KH. EZ. Muttaqien, Purwakarta)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2022

Abstract

Media pembelajaran dapat dikatakan suatu teknologi pembawa pesan yang dimana dapat digunakan untuk keperluan belajar. Media pembelajaran juga menjadi suatu komunikasi dan sarana fisik untuk menyampaikan informasi mengenai pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran, para pendidik menjadi lebih mudah untuk dapat menyampaikan materi yang akan disampaikan kepada peserta didik sehingga media pembelajaran ini sangat dibutuhkan dalam proses terjadinya belajar mengajar. Lingkungan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, dikarenakan lingkungan menjadi suatu kesatuan yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Di dalam lingkungan terdapat satu sistem kehidupan, yang dimana sistem kehidupan itu ada campur tangan manusia. Lingkungan tidak hanya memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan manusia, tetapi lingkungan juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dan juga pendidikan. Belajar tidak harus berfokus pada buku saja untuk media pembelajaran, para pendidik bisa menjadikan lingkungan sebagai media pembelajaran juga. Pada penelitian kali ini akan berfokus pada pembahasan mengenai pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP BP Al-Muthohhar. Dari hasil yang didapatkan pada penelitian ini, lingkungan sekitar menjadi sumber pembelajaran yang sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang sedang berlangsung, dengan menjadikan lingkungan sebagai media pembelajaran, yang dimana pendidik dan juga peserta didik turun langsung ke lapangan untuk dapat melakukan pembelajaran mengenai lingkungan tersebut. Pendidik dapat melihat keaktifan yang ada pada peserta didik untuk dapat menggali informasi-informasi mengenai segala sesuatu yang ada disekitarnya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Edunity

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

The Journal Edunity is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and scientific fields. The journal is published monthly by PT. Publikasiku Academic Solution The Jurnal Edunity provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and ...