Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain dan Media (JURRSENDEM)
Vol. 1 No. 1 (2022): April : Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain dan Media

KAJIAN SEMIOTIKA PADA IKLAN TELEVISI PRODUK COCA-COLA VERSI “KABAYAN”

Gilang Ramadhan (Institut Teknologi Telkom Purwokerto)
Luqman Wahyudi (Institut Teknologi Telkom Purwokerto)
Agatha Dinarah Sri (Institut Teknologi Telkom Purwokerto)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2022

Abstract

Mempertahankan kualitas sebuah brand adalah hal yang mutlak dilakukan oleh perusahaan penyedia barang/jasa. Di era konsumerisme seperti saat ini, peluncuran sebuah produk tidak dapat lagi berdiri sendiri. Sebuah brand tidak akan bertahan lama jika tidak didukung oleh produksi tontonan yang menyertainya. Iklan televisi lebih lanjut berperan sebagai arena komodifikasi, dimana pesan iklan bukan lagi sekadar menawarkan barang dan jasa, melainkan juga menjadi semacam alat untuk menanamkan makna simbolik. Dalam hal ini iklan televisi Coca-Cola menampilkan penanda yang dapat dibaca dengan perspektif semiotika sebagai berikut: Produk global tidak lagi hanya dipandang sebagai komoditas luar yang memiliki sekat, tetapi sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari dalam masyarakat umum dengan makna dan citra yang sesuai dengan karakternya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JURRSENDEM

Publisher

Subject

Arts

Description

Sub Rumpun ILMU SENI PERTUNJUKAN 1 Senitari 2 Seni Teater 3 Seni Pedalangan 4 Seni Musik 5 Seni Karawitan 6 Seni Pertunjukkan Lainnya yang Belum Disebut Sub Rumpun ILMU KESENIAN 1 Penciptaan Seni 2 Etnomusikologi 3 Antropologi Tari 4 Seni Rupa Murni (seni lukis) 5 Seni Patung 6 Seni Grafis 7 Seni ...