LKPD merupakan salah satu bahan ajar yang paling sering digunakan siswa untuk membantu kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kondisi faktual penggunaan LKPD di sekolah dasar, 2) pengembangan LKPD menggunakan kalkulator berbasis model delikan, 3) kelayakan LKPD menggunakan kalkulator berbasis model delikan, 4) pengaruh LKPD menggunakan kalkulator berbasis model delikan, 5) respon guru terhadap menggunakan kalkulator berbasis model delikan, 6) respon siswa terhadap menggunakan kalkulator berbasis model delikan. Penggunaan LKPD sebagai sarana pendukung pembelajaran di sekolah dasar masih memiliki kekurangan dan belum adanya petunjuk penggunaan kalkulator dalam tahap pembinaan kerampilan matematika sehingga diperlukan pengembangan LKPD menggunakan model delikan. LKPD yang telah divalidasi memperoleh rata-rata 4,1 (valid). Respon guru terhadap pengembangan LKPD memperoleh rata-rata 4,53 (sangat baik). Sedangkan respon siswa terhadap pengembangan LKPD memperoleh rata-rata 4,4 (sangat baik). Uji coba produk LKPD menggunakan uji Paired Samples t Test dengan SPSS diperoleh sig.ð›¼Â  0,017<0,05, maka hipotesis kerja diterima, berarti terdapat pengaruh penggunaan LKPD matematika materi geometri menggunakan kalkulator berbasis model delikan terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV SekolahDasar.
Copyrights © 2021