Bahasa memiliki peranan yang sangat fundamental pada kehidupan seseorang. Tanpa bahasa seseorang akan sangat kesulitan dalam menyampaikan ide, pendapat, gagasan, bahkan perasaan pada orang lain baik dalam bentuk verbal maupun non verbal. Usia dini merupakan masa potensial (golden age) dalam perkembangan bahasa, oleh sebab itu usia dini merupakan masa yang paling tepat dalam mengajarkan bahasa pada anak karena termasuk dalam periode tumbuh kembang anak. Pentingnya kemampuan bahasa sejak dini mengharuskan adanya upaya dalam pemaksimalan pembelajaran bahasa sejak dini khususnya pada masa prasekolah anak. Media pop-up book dapat menjadi alternatif media dalam memaksimalkan kemampuan bahasa anak sejak usia prasekolah. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa penggunaan POP-UP BOOK dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak prasekolah. Meningkatnya kemampuan berbahasa anak usia prasekolah berdasarkan nilai thitung pada output menunjukkan angka 13,582 ini berarti terjadi Peningkatan. Dengan db = n – 1 diperoleh db =19 pada taraf signifikan 5% maka didapatkan ttabel =2,093 Dari hasil korelasi antara pretest dengan posttest, menghasilkan angka korelasi 0,913 dengan nilai probalibilitas di bawah 0,05 (nilai signifikan output analisis 0.000). Hal ini menyatakan bahwa korelasi antara rata-rata pretest dengan rata-rata posttest kemampuan berbahasa anak usia prasekolah adalah kuat dan signifikan
Copyrights © 2018