cover
Contact Name
Anita Adesti
Contact Email
anitaadesti@gmail.com
Phone
+6281377904274
Journal Mail Official
anitaadesti@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ratu Penghulu No.2301, Karang Sari, Baturaja, Tj. Baru, Kec. Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan 32115
Location
Kab. ogan komering ulu,
Sumatera selatan
INDONESIA
BAJET ( Baturaja Journal of Educational Technology)
Published by Universitas Baturaja
ISSN : 25806599     EISSN : 25809067     DOI : https://doi.org/10.54895/bajet.v6i1
Jurnal BAJET ( Baturaja Journal of Educational Technology) merupakan jurnal yang memuat artikel hasil dan kajian analitis kritis di bidang pembelajaran, media dan pendidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan model pembelajaran yang efektif serta media yang membantu proses pembelajaran. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan Juni dan bulan Desember.
Articles 51 Documents
Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kelas IX Okta riyana; Mario Febrian; Diah Fauzi
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 2 No 2 (2018): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.524 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji tingkat kelayakan produk berupa multimedia interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani SMP kelas IX. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri I Madang Suku II OKU Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reserch & Development. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan perhitungan persentase. Instrumen yang digunakan berupa angket. Tahap pertama yang dilakukan adalah validasi ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Tahap kedua uji coba skala kecil dengan jumlah subjek 14 siswa, dan tahap ketiga uji coba skala besar dengan jumlah subjek 120 siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa produk sudah layak untuk digunakan; pertama pada uji validasi tahap 1 yaitu oleh ahli media, Ahli Materi dan ahli pembelajaran menilai produk yang dibuat dengan masing-masing skor 75,72%, 77,02%, 77,75% dengan predikat baik, kedua pada uji coba lapangan skala kecil (14 responden) menilai produk yang dibuat dengan skor 87,03% predikat baik sekali; ketiga pada uji coba lapangan skala besar (120 responden) menilai produk yang dibuat dengan skor 82,67% kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dan produk media yang telah dikembangkan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pada mata pelajaran pendidikan jasmani layak untuk diterapkan disekolah yaitu siswa dan guru sebagai pengguna
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sex Education Berbasis Android untuk Anak Usia Dini Raup Padillah
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 2 No 2 (2018): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.991 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang merupakan penelitian untuk menghasilkan produk baru dan menguji keefektifan produk tersebut. Tujuan penelitian ini mengembangkan multimedia pembelajaran sex education berbasis android menggunakan metode V-Model yang merupakan pengembangan dari model waterfall. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan kuisioner. Teknik observasi dilakukan untuk mengumpulkan data yang terkait dengan aspek functionality, reliability dan compability, sedangkan kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data yang terkait dengan aspek playability. Hasil uji coba yang telah dilakukan, nilai aspek Funcsionality sebesar 100% dengan kategori “sangat baik”, aspek Realibility sebesar 100% dengan kategori “sangat baik”, aspek Compatibility sebesar 100% dengan kategori “sangat baik”, dan aspek Playability sebesar 81% dengan katgori “baik”. Berdasarkan hasil uji coba keseluruhan terhadap aplikasi multimedia sex education yang telah dikembangkan, didapatkan hasil persentase sebesar 95.25%. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa standar kualitas aplikasi memenuhi kategori “sangat layak”.
Identifikasi Kearifan Lokal/Culturediversity dan Keragaman Hayati/Biodiversity) Rumah Adat Tago, Anjing Sebagai Media dan Sumber Pembelajaran IPS SD Rohmat Widiyanto; Arif Yudianto
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 2 No 2 (2018): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.153 KB)

Abstract

Geopark Ciletuh salah satu wilayahnya terletak di desa Tamanjaya kecamatan Ciemas kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Secara geografis desa Tamanjaya terbagi dua wilayah yaitu wilayah daratan dan daratan tinggi dengan laus wilaya 1.372,5 Ha (Tamanjaya, 2015) dan jumlah penduduk 6.500 jiwa (Statistik Daerah, 2015). Keadaan yang demikian dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian daerah tersebut, dengan berbagai usaha misalnya UMKM, back packer, industri kreatif, pariwisata dan lain sebagainya, apalagi jika kawasan Tamanjaya dijadikan Geopark oleh UNESCO pada tahun 2020 nantinya. Namun, potensi yang pada saat ini belum berorientasi dan berkontribusi pada dunia pendidikan seperti media dan sumber pembelajaran di sekolah dasar misalnya seperti materi IPS tentang keadaan alam Indonesia dan keragaman budaya Indonesia. Pendekatan penelitian menggunakan motode penelitian Kualitatif deskriftif. Media dan sumber bejar dalam penelitian ini diartikan sebagai sarana penunjang dan sarana informasi dalam proses pembelajaran. Batasan media dan sumber IPS SD dalam penelitian ini mencakup; sosial budaya, keanekaragaman hayati dan SDA. Teknik pengumpulan data mengunakan Teknik indepthinterview, dukomentasi dan penelusuran pustaka. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yakni data collection, data reduction, display data, conclution drawing and verification. Hasil penelitian ini menghasilkan penemuan rumah tago’ anjing sebagai media dan sumber pembelajaran
Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Prasekolah Moh. Nurman Bagus Satrio; Raup Padillah
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 2 No 2 (2018): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.928 KB)

Abstract

Bahasa memiliki peranan yang sangat fundamental pada kehidupan seseorang. Tanpa bahasa seseorang akan sangat kesulitan dalam menyampaikan ide, pendapat, gagasan, bahkan perasaan pada orang lain baik dalam bentuk verbal maupun non verbal. Usia dini merupakan masa potensial (golden age) dalam perkembangan bahasa, oleh sebab itu usia dini merupakan masa yang paling tepat dalam mengajarkan bahasa pada anak karena termasuk dalam periode tumbuh kembang anak. Pentingnya kemampuan bahasa sejak dini mengharuskan adanya upaya dalam pemaksimalan pembelajaran bahasa sejak dini khususnya pada masa prasekolah anak. Media pop-up book dapat menjadi alternatif media dalam memaksimalkan kemampuan bahasa anak sejak usia prasekolah. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa penggunaan POP-UP BOOK dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak prasekolah. Meningkatnya kemampuan berbahasa anak usia prasekolah berdasarkan nilai thitung pada output menunjukkan angka 13,582 ini berarti terjadi Peningkatan. Dengan db = n – 1 diperoleh db =19 pada taraf signifikan 5% maka didapatkan ttabel =2,093 Dari hasil korelasi antara pretest dengan posttest, menghasilkan angka korelasi 0,913 dengan nilai probalibilitas di bawah 0,05 (nilai signifikan output analisis 0.000). Hal ini menyatakan bahwa korelasi antara rata-rata pretest dengan rata-rata posttest kemampuan berbahasa anak usia prasekolah adalah kuat dan signifikan
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Leni Pebriantika; Andika Puspa Negara
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 2 No 2 (2018): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.551 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengasilkan sebuah bahan ajar berbasis web. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (reseacrh and development) Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural. Teknik analisis data berupa angket. Analisis Tahap I yang dilakukan adalah validasi ahli. Berdasarkan hasil uji validasi dari ahli media, didapatkan persentase nilai adalah 87,5% dengan predikat baik. Persentase hasil uji validasi ahli materi didapat persentase secara keseluruhan dengan hasil nilai 80,26% dengan predikat baik. Tahap II yang dilakukan peneliti adalah melakukan uji coba produk skala perorangan dengan objek penelitian sebagai responden 3 orang siswa dengan persentase rata-rata keseluruhan aspek pembelajaran berbasis web adalah 85.48% dengan predikat baik. Tahap III yaitu melakukan uji produk skala kecil dengan responden 10 orang siswa dengan persentase rata-rata keseluruhan aspek pembelajaran berbasis web adalah 86,27 dengan predikat baik sekali. Tahap IV yaitu melakukan uji produk skala besar dengan responden 105 orang dengan persentase rata-rata keseluruhan aspek pembelajaran berbasis web adalah 86,41% dengan predikat baik sekali. Keseluruan tahapan dapat disimpulkan bahwa produk memiliki tingkat kelayakan yang baik karena mampu mengatasi dan mempermudah guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Pengembangan Multimedia Interaktif Sub Tema Transportasi di Taman Kanak-Kanak Nora Agustina
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 2 No 2 (2018): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.973 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan multimedia pembelajaran Interaktif yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar pada aspek kognitif di taman kanak-kanak Sandhy Putra Baturaja OKU. Model yang digunakan adalah model desain pengembangan produk Rowntree dan evaluasi produk digunakan model evaluasi formatif Tessmer. Hasil penelitian menunjukan prototype yang ke tiga merupakan desain yang valid dan praktis ketika digunakan dalam pembelajaran dengan 80 % (18 murid) mengikuti proses pembelajaran dengan sangat baik, 20% (2 orang murid) mengikuti proses pembelajaran dengan baik.
Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Akidah Akhlak Untuk Siswa Kelas X Madrasah Dinar Pratama
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 3 No 1 (2019): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.405 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Board Game dengan nama Ajrun Game pada pembelajaran Akidah Akhlak materi induk-induk Akhlak Terpuji dan tercela. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini merujuk pada langkah-langkah pengembangan meliputi, 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) ujicoba produk, 7) revisi produk, 8) ujicoba pemakaian. Penilaian terhadap media dilakukan oleh para pakar yang terdiri dari Dosen, Guru, dan siswa. Media pembelajaran Ajrun Game memiliki karakteristik unik dalam rangka memberikan pemahaman dan pembiasaan kepada siswa untuk berakhlakul karimah. Penilaian guru terhadap konten materi masuk pada kategori sangat baik. Sebesar 88 persen guru menganggap bahwa konten materi yang terdapat pada game sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, cakupan materi, dan kemampuan game digunakan sebagai instrumen evaluasi. Penilaian dosen sebagai ahli media sebesar 91 persen yang menunjukkan bahwa, media pembelajaran board game “Ajrun” sangat layak digunakan dalam pembelajaran Akidah Akhlak dan media dapat diuji coba kepada siswa. Penilaian siswa terhadap media Ajrun game sebesar 90.4 persen atau masuk pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa, media pembelajaran Ajrun game dapat diterima oleh siswa sebagai media pembelajaran Akidah Akhlak.
Analisis Kebutuhan Model Pembelajaran Gerak Dasar Senam Irama Berbasis Multimedia untuk Anak Usia Dini Okta riyana; Okta riyani
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 3 No 1 (2019): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.681 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh: 1) deskripsi penggunaan model pembelajaran gerak dasar senam irama berbasis multimedia sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran gerak dasar senam irama di sekolah PAUD, 2) pandangan dan kendala yang dihadapi guru di lapangan dalam memberikan materi gerak dasar senam irama, 3) inovasi model pembelajaran yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran gerak dasar senam irama untuk anak usia dini. Pengamatan yang dilakukan adalah dengan bentuk instrumen needs assessment guru dan siswa yang dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan pengamatan ditemukan bahwa penggunaan media pembelajaran sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani terutama pada materi gerak dasar senam irama telah dilakukan di lapangan, namun belum dilaksanakan secara optimal, yaitu: 1) Terkait pelaksanaan proses pembelajaran senam di sekolah PAUD Kecamatan Banjit Way Kanan Lampung yaitu senam irama dilakukan 1 kali dalam seminggu. 2) Selain itu didapat temuan bahwa yang terjadi dalam setiap kegiatan yang memerlukan gerak motorik anak terbilang lambat dan kurang bersemangat sehingga kinestetik anak belum berkembang secara optimal karena pada saat melakukan gerak dasar anak menjadi bingung seperti, kurangnya perkembangan anak jalan ditempat, kurangnya perkembangan anak dalam berdiri satu kaki (keseimbangan), kurangnya perkembangan anak dalam mengayunkan tangan, dan kurangnya perkembangan anak dalam melakukan gerakan senam irama. 3) Metode yang diajarkan oleh guru kurang berinovasi yang berkaitan dengan kemajuan teknologi dan kemajuan zaman saat ini, guru mengajarkan hanya dari pengalaman. Kurangnya pemahaman tentang gerakan dasar senam irama. Sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yang menarik dan menyenaangkan yang mengandung unsur-unsur multimedia didalamnya, khususnya pada pembelajaran gerak dasar senam irama agar dalam pelaksanaannya anak mau bergerak dengan benar dan merasa senang.
Persepsi Siswa Terhadap Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Local Learning Okta riyan1; Rani Puspa Juwita
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 3 No 1 (2019): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.699 KB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang persepsi siswa terhadap media pembelajaran bahasa Ingris Berbasis Local Learning SD Negeri 09 Duren Tiga Jakarta Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap media pembelajaran bahasa Inggris berbasis Local Learning SD Negeri 09 Duren Tiga Jakarta Selatan? Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SD Negeri 09 Duren Tiga Jakarta Selatan, sampel yang diambil berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 27 siswa dari masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap media pembelajaran bahasa Inggris berbasis Local Learnig SD Negeri 09 Duren Tiga Jakarta Selatan mendapatkan skor 1700 atau rata-rata jawaban siswa dengan persentase sebesar 62.96 % dan masuk dalam kategori “Baik”. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa persepsi siswa terhadap media pembelajaran bahasa Inggris berbasis Local Learning adalah baik.
Efektivitas Buku Ajar Membaca terhadap Kemampuan Membaca Pantun Kelas IV SD Dewi` Lestari
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 3 No 1 (2019): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.255 KB)

Abstract

Penelitian berjudul Pengembangan Bahan Ajar Membaca Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 OKU yang bertujuan 1) melakukan kebutuhan bahan ajar dalam pembelajaran membaca yang akan dijadikan bahan pengembangan, 2) menghasilkan produk pengembangan bahan ajar membaca, 3) mengetahui efek potensial bahan ajar hasil pengembangan pada pembelajaran keterampilan membaca dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 13 OKU. Metode yang digunakan adalah metode research and development (penelitian dan pengembangan). Hasil tes membaca pantun memperlihatkan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel dengan taraf signifikansi 5% yaitu 14,79 > 1,658 atau dengan peningkatan nilai rata-rata dari 58,80 menjadi 74,18 (persentase peningkatan 15,38%). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bahan ajar membaca mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar siswa.