BAJET ( Baturaja Journal of Educational Technology)
Vol 3 No 1 (2019): Baturaja Journal of Educational Technology

Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IX SMP Melalui Media Pembelajaran Rangsang Gambar

Aryanti Agustina (Universitas Baturaja)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2019

Abstract

Salah satu penyebab belum terampilnya siswa dalam menulis, khususnya menulis paragraf deskriptif dan ekspositif ini adalah oleh kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan guru ketika menyampaikan materi tersebut. Pengembangan bahan ajar harus benar-benar kontekstual. Guru harus kreatif dalam memberikan dan melatih keterampilan kepada siswa dengan selalu menciptakan dan memvariasikan model pembelajaran. Upayakan setiap penyajian bahan ajar, terutama yang masih terlalu abstrak bagi siswa hendaknya dikonkritkan melalui visualisasi gambar-gambar dan/ atau menggunakan media yang menarik. Faktor itu pulalah yang melatarbelakangi penulis untuk melakukan sedikit perubahan dalam pembelajaran berbicara dengan menggunakan model debat melalui rangsang gambar. Penerapan pembelajaran model debat melalui rangsang gambar ini dilakukan pada siswa kelas IX.A SMP Negeri 32 OKU, Kabupaten OKU, Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Pada setiap siklusnya ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan sebagai prosedur penelitian. Tahapan-tahapan tersebut meliputi: tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, tahapan observasi dan evaluasi, dan tahapan refleksi serta perencanaan ulang. Pada tahapan perencanaan, disusun desain pembelajaran dengan menggunakan media berupa gambar-gambar yang dan menimbulkan kontroversi di kalangan publik. Terbukti selama melakukan observasi dalam penelitian ini ada peningkatan aktivitas siswa yang diiringi dengan peningkatan hasil belajar mereka. Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran berbicara melaui rangsang gambar ini cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran berbicara model debat melalui rangsang gambar dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BaJET

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

Jurnal BAJET ( Baturaja Journal of Educational Technology) merupakan jurnal yang memuat artikel hasil dan kajian analitis kritis di bidang pembelajaran, media dan pendidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan model pembelajaran yang efektif serta media yang membantu proses ...