Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 3 No 3 (2019): September-Desember 2019

PERAN KEPUASAN KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH KETERLIBATAN KERJA DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) (Studi pada Karyawan Hotel Bintang Empat di Semarang)

Aurilia Triani Aryaningtyas (Unknown)
Aletta Dewi Maria Th (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini menguji kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh keterlibatan kerja dan persepsi dukungan organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB), menggunakan pendekatan kuantitatif melalui instrumen survei terhadap 188 karyawan hotel bintang empat di Semarang. Hasil menunjukkan keterlibatan kerja dan persepsi dukungan organisasional secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap OCB melalui kepuasan kerja. Implikasi teoritis atas hasil penelitian mendukung teori maupun penelitian yang sudah ada, sedangkan implikasi manajerial menyarankan pada organisasi (industri perhotelan) untuk mempertimbangkan keterlibatan kerja dan persepsi dukungan organisasional sebagai faktor yang cukup penting untuk meningkatkan kepuasan karyawan sehingga dapat meningkatkan kepuasan karyawan sehingga dapat meningkatkan OCB.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...