Medical Sains : Jurnal Ilmiah Kefarmasian
Vol 7 No 4 (2022)

ISOLASI DAN KARAKTERISASI SERBUK ENZIM BROMELIN DARI BATANG NANAS (ANANAS COMOSUS (L.) MERR).: ISOLATION AND CHARACTERIZATION OF BROMELIN ENZYME POWDER FROM Pineapple Stem (ANANAS COMOSUS (L.) MERR).

Rose Intan Perma Sari (Prodi D3 Farmasi FMIPA Universitas Bengkulu)
Salman (Fakultas Farmasi Universitas Andalas Limau Manis)
Erizal Zaini (Fakultas Farmasi Universitas Andalas Limau)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2022

Abstract

Bromelin merupakan unsur pokok dari nanas yang penting dan berguna dalam bidang farmasi dan makanan, untuk mendapatkan enzim bromelin dari buah nanas diperlukan proses isolasi enzim bromelin. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengisolasi dan mengkarakterisasi serbuk enzim bromelin dari batang nanas (Ananas Comosus (L.) Merr). Isolasi enzim bromelin dari batang nanas telah dilakukan dengan menggunakan pelarut dapar fosfat pH 7.0 disentrifugasi pada 3.500 rpm selama 15 menit. Serbuk enzim bromelin diperoleh dengan menggunakan metoda freeze drying dan didapat persentase randemen sebesar 2,032 %. Karakterisasi dari serbuk enzim bromelin terdiri dari pengukuran kosentrasi protein, penentuan aktivitas enzim dan aktivitas spesifik enzim. Pengukuran konsentrasi protein menggunakan metoda Biuret memberikan hasil konsentrasi sebesar 1,66±0,003 mg/ml. Penetuan aktivitas enzim menggunakan metoda Murachi memberikan hasil aktivitas enzim sebesar 43,09±0,01 U/ml dan aktivitas spesifik enzim sebesar 26,02±0,003 U/mg.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

iojs

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

The Medical Sains journal is a scientific publication media published by the Muhammadiyah Cirebon College of Pharmacy which is published 4 (four) times in 1 (one) year, namely January-March, April-June, July-September and October-December. The journal contains research in the field of pharmacy ...