CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 6, No 2 (2022)

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA GAYA BELAJAR SISWA

Fuadaturrahmah Fuadaturrahmah (Akademi Maritim Belawan)
Ika Sartika (Akademi Maritim Belawan)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD pada gaya belajar siswa, pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel diambil secara purposif sebanyak 2 kelas yang memiliki nilai rata-rata kelas yang hampir sama yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 44 siswa yang diberikan pembelajaran kooperatif Tipe STAD Dan Kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol sebanyak 41 siswayang diberikan pengajaran tanpa pembelajaran kooperatif. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t yaitu uji dua pihak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa thitung = 3.577 lebih besar dari pada ttabel= 1.98. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap  pembelajaran kooperatif tipe STAD pada gaya belajar terhadap hasil belajar siswa adalah 12.64%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...