AT TA´DIB
Vol 7, No 2 (2012): Ilmu Pendidikan

Integrasi Aqidah Syari’ah Dalam Dunia Pendidikan Membaca Potret Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor

Jarman Arroisi (Fakultas Tarbiyah Institut Studi Islam Darussalam Gontor)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2012

Abstract

Aqidah dan syari’ah merupakan dua elemen penting dalam bangunan pendidikan pondok pesantren. Aqidah1 sebagai pijakan dasar berdirinya pesantren sementara syari’ah2 merupakan seperangkat tatanan yang menjelaskan bagaimana kegiatan pendidikan pesantren itu dijalankan. Kedua elemen tersebut dalam dunia pendidikan pesantren tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain. Bahkan integrasi keduanya menjadi prasyarat penting untuk membentuk karakter alumni yang berkualitas tinggi, disamping beberapa factor penting lainya.Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan salah satu pesantren diantara pesantren yang ada di Indonesia. Pondok Modern Darussalam Gontor ini, sebagaimana lazimnya pesantren, menjadikan aqidah dan syari’ah sebagai elemen kunci dalam praktik kegiatan pendidikan dan pengajaran didalamnya. Begitu pentingnya arti kedua elemen tersebut bagi kelangsungan hidup Pondok Modern Gontor, maka Gontor sangat memperhatikan dan menekankan aqidah anggota keluarganya, sejak dari santri, guru, kyai bahkan sampai pada karyawan- nya. Namun persoalanya adalah bagaimana integrasi kedua elemen tersebut, bisa dimanifestasikan dalam praktik pendidikan dan pengajaran di Gontor ? Tulisan ini hadir untuk membaca bagaimana potret integrasi aqidah syariah itu diterapkan dalam kegiatan pondok serta bagaimana pula keterkaitan integrasi kedua elemen itu dengan upaya membangun generasi ummat yang bermartabat, keduanya menarik untuk didiskusikan.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

TADIB

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

At-Ta'dib adalah media ilmiah bidang kependidikan Islam, baik berupa studi kepustakaan, hasil penelitian maupun karya ilmiah terkait. Terbit dua kali dalam setahun, sebagai sarana pengembangan tradisi keilmuan insan tarbiyah dan pendidikan pada umumnya. Jurnal kependidikan Islam ini diterbitkan oleh ...