Jurnal Bisnis Kompetitif
Vol 1 No 2 (2022)

ANALISIS PERSEPSI PROMOSI GRATIS ONGKOS KIRIM (ONGKIR) SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Nurul Istikomah (Universitas Tidar)
Budi Hartono (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengaruh promosi gratis ongkos kirim Shopee terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menggunakan wawancara. Responden dipilih dengan menggunakan metode Snowball Sampling. Penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dalam proses analisis data. Penelitian ini menjawab bahwa promosi gratis ongkos kirim Shopee berpengaruh terhadap keputusan pembelian dimana persepsi pembeli dengan adanya promo gratis ongkos kirim dapat lebih menghemat pengeluaran sehingga lebih antusias untuk membeli atau bertransaksi dengan aplikasi tersebut. Hasil penelitian ini juga mendukung teori Kotler dan Armstrong bahwa promosi dan harga mempengaruhi keputusan pembelian yang didukung oleh indikator-indikator seperti periklanan, personal selling, promosi penjualan, publisitas, keterjangkauan harga, harga sesuai produk, harga sesuai manfaat. , harga yang terjangkau. mampu bersaing dengan perusahaan lain sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian sesuai dengan indikator pilihan produk, merek, dan lain-lain

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bisniskompetif

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Bisnis Kompetif diterbitkan oleh Komunitas Manajemen Kompetitif. Jurnal ini diterbitkan tiga kali pada bulan Maret, Juli dan Nopember. Ini berisi artikel-artikel seperti karya ilmiah (riset dan non-penelitian), studi analitis, aplikasi teoritis dan ulasan masalah bisnis. Penerbitan jurnal ini ...