Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer
Vol. 3 No. 01 (2023): Artikel Riset Periode Februari 2023

Grounded Theory

Kurnia Oktaria (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Rizki Agustina (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Jannati Aliyah (UIN Raden Fatah Palembang)
Rusdy A. Siroj (UIN Raden Fatah Palembang)
Muhammad Win Afgani (UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Grounded Theory, Grouded theory merupakan salah satu bagian dari penelitian kualitatif yang memanfaatkan seperangkat prosedur sistematis untuk mengembangan teori induktif pada fenomena tertentu. Tulisan ini bertujuan menguraikan tentang pendekatan grouded theory dari sudut definisi, sejarah grouded theory, kapan menggunakan grounded theory, ciri-ciri grounded theory, langkah-langkah yang digunakan dalam grounded theory, serta contoh penelitian grounded theory. Secara umum, grouded theory ini tidak bertolak dari suatu teori atau untuk menguji teori (seperti paradigma penelitian kuantitatif), melainkan bertolak dari data menuju suatu teori. Dari datalah suatu konsep dibangun, dari datalah suatu hipotesis dibangun, serta dari datalah suatu teori dihasilkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpsk

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy Immunology & microbiology Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer (JPSK) merupakan jurnal akses terbuka nasional yang meliputi hasil kajian ilmiah interdisipliner, orisinal dan diulas oleh mitra bestari yang kompeten di bidangnya. Lingkup jurnal ini meliputi pendidikan sains baik teori dan praktek dengan bidang ilmu pendidikan ...