JIPM Connectedness
Vol 2 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Psikomuda (JIPM) Connectedness

Boneka Tangan Sebagai Media untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD

Ekayani, Syafira Putri (Unknown)
Aprilliani, Mira (Unknown)
Nawangsih, Riska Anggita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Siswa SD Negeri X Kabupaten Sorong memiliki motivasi belajar yang rendah, sehingga menyebabkan prestasi belajar siswa tidak mengalami peningkatan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan membuktikan pengaruh penggunaan boneka tangan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa di SD N X Kabupaten Sorong. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 13 siswa. Analisa dilakukan secara kuantitatif dengan membandingkan hasil pretest dan posttest pada subjek. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara statistic media pembelajaran menggunakan boneka tangan tidak mempengaruhi motivasi belajar siswa SD Negeri 21 Kabupaten Sorong, namun ada pengaruh terhadap perubahan ketertarikan dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut berarti bahwa media pembelajaran kreatif tidak signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa, namun dapat meningkatkan ketertarikan siswa untuk terlibat dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalpsikologiunimuda

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Psikomuda (JIPM) Connectedness is an open-access journal, dedicated to the wide dissemination of novel and innovative empirical research in various aspects of psychology, with a particular interest – the development of psychology and behavioral sciences in the world. Jurnal Psikologi ...