Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST)
Vol. 5 No. 1 (2022): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Indah Kebersamaan Siswa Kelas IV UPTD SDN 24 Parepare

Musfirah Musfirah (Universitas Negeri Makassar)
Nurjannah Nurjannah (Universitas Negeri Makassar)
St Salwa Dinita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana hasil belajar siswa tentang indahnya kebersamaan di kelas IV UPTD SDN 24 Model Parepare sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick ? Bagaimana penerapan model kooperatif tipe talking stick siswa kelas IV UPTD SDN 24 Model Parepare dan bagaimana hasil belajar siswa tentang indahnya kebersamaan di kelas IV UPTD SDN 24 Model Parepare setelah penerapan model pembelajaran tipe talking stick. Tujuan penelitian ini adalah untu mengetahui hasil belajar siswa, penerapan model kooperatif tipe talking stick siswa kelas IV UPTD SDN 24 Model Parepare serta hasil belajar siswa tentang indahnya kebersamaan di kelas IV UPTD SDN 24 Model Parepare setelah penerapan model pembelajaran tipe talking stick. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Jenis penelitian ini adalah PTK berdaur ulang. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick, 2) Hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV UPTD SDN 24 Parapare. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dengan jumlah 30 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan. Siklus I mencapai kualifikasi Baik (B) dan pada siklus II mencapai kualifikasi Sangat Baik (A). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stickdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV UPTD SDN 24 Parepare.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

2

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Library & Information Science Other

Description

J-HEST Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology diterbitkan oleh Forum Dosen Indonesia DPD Sulawesi Barat satu kali dalam enam bulan (Desember dan Juni). Jurnal ini sebagai media komunikasi ilmiah bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, sains, dan ...