Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2023): Februari : Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan

DINAMIKA RESILIENSI PADA SISWA BROKEN HOME DI SMAN 1 IV KOTO

Annisa Khaira G (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Yeni Afrida (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Mawar Mustika Rahmi (SMA NEGERI 1 IV Koto)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2023

Abstract

Broken home merupakan suatu hal yang tidak diinginkan oleh semua orang. Anak yang mengalami broken home akan berdampak terhadap perkembangan seorang anak. Broken home sendiri mengalami permasalahan akibat dari orangtua mereka, seperti orangtua mereka berpisah sehingga seorang anak tidak mendapatkan kasih sayang yang semestinya. Dalam mengatasi broken home, seorang anak harus memiliki kemampuan resiliensi, yaitu kemampuan untuk bangkit kembali serta mencari dan menemukan kebahagian mereka sendiri, karena setiap orang berhak untuk mencapai kebahagian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel 7 orang di SMAN 1 IV Koto pada kelas X dan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data nya berupa wawancara dan observasi dan teknik analisis datanya reduksi data. Dan penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah dinamika siswa broken home dengan hasil penelitian siswa yang memiliki kemampuan resiliensi mendapatkan dinamika atau perubahan pada dirinya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, hukum, pendidikan, sosial dan studi budaya. Jurnal Sosial ...