Quagga
Vol 15, No 1 (2023): QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Strategi Learning Tournament Berbasis Digital Timer Sebagai Solusi Alternatif Pembelajaran IPA Biologi Sekolah

Nur Subkhi (Departemen Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wiralodra)
Eva Yuliana (Universitas Wiralodra)
Idah Hamidah (Universitas Wiralodra)
Abdul Rois (Universitas Wiralodra)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2023

Abstract

Pendidikan merupakan sarana utama dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia. Oleh karena itu, peran pendidikan (pembelajaran di kelas) sangat penting sebagai kunci utama untuk menciptakan SDM yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kelayakan (validasi) strategi learning tournament berbasis digital timer sebagai solusi alternatif pembelajaran IPA biologi sekolah, sebagai produk hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseaerch development/ RD) yang mengacu pada Sugiyono dan Brog and Gall. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel berjumlah enam orang ahli bidang pembelajaran biologi. Sampel terdiri atas satu dosen, tiga guru biologi SMA, dua guru IPA SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan  instrumen: lembar validasi produk dan lembar wawancara tersetruktur. Teknik pengumpulan data terdiri atas empat tahapan, yaitu: a) Potensi dan masalah, b) Pengumpulan data awal, c) Desain produk, dan d) Validasi desain/ produk. Analisis data yang digunakan, yaitu: data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk strategi pembelajaran learning tournament berbasis digital timer secara umum “sangat valid”. Artinya, produk layak digunakan karena dapat memunculkan (nampak) keaktifan belajar siswa “sangat tinggi”, memunculkan minat belajar “sangat tinggi”, dan memunculkan karakter bangsa siswa “sangat tinggi” sesuai indikator penilaian yang ditentukan. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

The Quagga Journal (p-ISSN 1907-3089; e-ISSN 2615-5869) is a journal managed by the Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education Universitas Kuningan (FKIP UNIKU). This journal is issued twice a year (January and July) publishing articles from analytical studies ...