Quagga
Vol 15, No 1 (2023): QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Daya Ingat Belajar Dengan Teknik CAWAN PETRI (Catatan Warna-Warni Petunjuk Ringkasan) Dan Teknik Catatan Linear Materi Sistem Pencernaan

Nuradni Nuradni (Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar)
Misykat Malik Ibrahim (Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar)
Syahriani Syahriani (Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar)
Syamsul Syamsul (Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya ingat belajar peserta didik dengan teknik CAWAN PETRI (Catatan Warna-Warni Petunjuk Ringkasan) dan daya ingat belajar peserta didik dengan teknik catatan linear pada materi sistem pencernaan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi eksperiment design), menggunakan populasi seluruh peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Pesantren GUPPI Samata, dengan sampel berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik kelompok eksperimen (XI.A) dan 15 peserta didik kelompok kontrol (XI.B) menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini yaitu tes daya ingat belajar berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 nomor. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji prasyarat dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian yang diperoleh, berdasarkan analisis deskriptif nilai pretest dan posttest peserta didik dengan bantuan SPSS versi 23, pada kelas eksperimen dengan teknik CAWAN PETRI yaitu nilai rata-rata pretest 30,00, dan nilai rata-rata posttest 87,00. Sedangkan pada kelas kontrol dengan teknik catatan linear nilai rata-rata pretest 29,00, dan nilai rata-rata posttest yaitu 65,33. Berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol tersebut sama- sama mengalami peningkatan, sehingga diketahui bahwa kedua teknik mencatat tersebut baik teknik CAWAN PETRI maupun teknik catatan linear memberikan dampak positif terhadap peningkatan daya ingat peserta didik. Teknik CAWAN PETRI diperoleh kenaikan nilai rata-rata sebesar 57,00 sehingga daya ingat peserta didik mengalami lebih banyak peningkatan, dibandingkan pada kelas kontrol dengan teknik catatan linear diperoleh kenaikan nilai rata-rata sebesar 36,33 sehingga daya ingat peserta didik mengalami lebih sedikit peningkatan. Hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 (sig 0,05) sehingga sesuai dengan kriteria pengujian, hal ini menunjukkan terdapat perbedaan daya ingat belajar peserta didik dengan teknik CAWAN PETRIdan teknik catatan linear pada materi sistem pencernaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

The Quagga Journal (p-ISSN 1907-3089; e-ISSN 2615-5869) is a journal managed by the Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education Universitas Kuningan (FKIP UNIKU). This journal is issued twice a year (January and July) publishing articles from analytical studies ...