Quagga
Vol 15, No 1 (2023): QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Madrasah Tsanawiyah

Ahmad Yani (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Puangrimaggalatung)
Haerunnisa Haerunnisa (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Puangrimaggalatung)
Andi Nurul Hikmah (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Puangrimaggalatung)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) terhadap literasi sains dan hasil belajar IPA siswa kelas VII MTs. Darussalam Impa-impa Kabupaten Wajo. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 40 siswa, dengan sampel penelitian 20 siswa kelas kontrol dan 20 siswa kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal literasi sains dan tes uraian tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data hasil literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa dianalisis secara deskriptif dan uji Anova dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran POGIL berpengaruh positif terhadap literasi sains dan hasil belajar IPA siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil rerata nilai literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rerata nilai literasi dan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, literasi sains mengalami peningkatan sebesar 23% dan hasil belajar sebesar 11%. Hasil uji Anova menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan nilai F.hit. dan F.tabel (5,17 4.10) antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran POGIL berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar kognitif IPA siswa Madrasah Tsanawiyah. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

The Quagga Journal (p-ISSN 1907-3089; e-ISSN 2615-5869) is a journal managed by the Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education Universitas Kuningan (FKIP UNIKU). This journal is issued twice a year (January and July) publishing articles from analytical studies ...