Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 11, No 2 (2022)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI HUKUM NEWTON

Prapti Ningsih (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan)
Nurdin Bukit (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penggunaan media Google Sites merupakan salah satu media alternatif yang digunakan pada masa covid-19. Google sites dapat digunakan untuk masa pembelajaran daring ataupun luring. Dengan media ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengulang pembelajaran dirumah. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran Google Sites terhadap hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuasi eksperiment dengan Desain pre eksperimental Design atau penelitian semu dengan menggunakan satu kelas eksperiment tanpa kelas kontrol. Jenis penelitian kuantitatif dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 10 butir soal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Penggunaan Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum Newton Kelas X MAS PAB 1 Sampali dengan rata-rata nilai pre-test diperoleh 48,33. Sedangkan untuk nilai postest diperoleh rata-rata 82,67. Pembelajaran dengan menggunakan media Google Sites memberikan keuntungan baik pada sampel penelitian karena dapat diakses dengan menggunakan website tanpa harus mendownload aplikasi sehingga dapat menghemat kuota yang ada.

Copyrights © 2022