Jurnal Bunga Rampai Usia Emas
Vol 8, No 2: Desember 2022

Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini 3-4 Tahun : Bermain Tebak Gambar Bola Hewan

Aulia Robiah Adawiah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Siti Hanifah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Suyanti Suyanti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rr Deni Widjayatri (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Umumnya anak usia 3-4 tahun sudah mulai mampu mengenal pengelompokkan hewan berdasarkan habitatnya sehingga akan lebih optimal jika divariasikan kegiatan di kelas. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak pada usia 3-4 tahun. Dalam penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskritif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, dengan sumber datanya yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan oleh kami, berhasil memperkenalkan berbagai jenis hewan yang belum diketahui oleh anak di TK yang kami observasi tersebut. Sebagian anak sudah mengerti cara bermain alat permainan edukatif ini dan sebagian masih belum mengerti secara menyeluruh. Maka dari itu kami mengulang kembali permainan sehingga mereka semua bisa bermain bersama-sama. Nama TK tersebut adalah TK Putra II Serang, yang berada dekat dengan alun-alun kota serang. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini ialah jangan memikirkan satu anak saja yang berhasil, karena setiap anak selalu ada rasa ingin bisa dalam setiap hal yang di bisa oleh teman-teman seumurannya. Setiap guru harus lebih teliti memperhatikan pergerakan anak dalam belajar ataupun bermain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jhp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, yaitu: Penelitian dan/atau gagasan ide serta hasil pengabdian masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini, meliputi pengembangan kognitif, fisik motorik, bahasa, nilai agama dan moral, sosial emosional, serta pengembangan seni dan kreativitas, ...