Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar sistem koloid yang layak digunakan dalam pembelajaran kimia tingkat sekolah menengah. Bahan ajar sistem koloid dikembangkan karena adanya indikasi bahwa bahan ajar yang beredar sekarang belum sepenuhnya sesuai dengan tuntutan kurikulum, masih mengandung materi yang belum benar sesuai keilmuan, masih sedikit nilai dan keterampilan yang ditanamkan, dan cenderung masih menitikberatkan pada dimensi konten. Metode penelitian yang digunakan adalah Development Research Richey & Klein yang terdiri dari design (pada tahap ini, dilakukan analisis permasalahan pada bahan ajar dan studi literatur mengenai pengembangan bahan ajar), development (pada tahap ini, menggunakan metode 4S TMD yang terdiri dari empat tahap: seleksi, strukturisasi, karakterisasi, dan reduksi didaktik), dan evaluation (pada tahap ini, evaluasi draft bahan ajar dilakukan oleh dosen ahli di bidang pendidikan kimia untuk menilai kelayakan bahan ajar). Hasil evaluasi memberikan kesimpulan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki karakteristik penyajian materi berdasarkan K.D. 3.15 dan K.D. 4.15, sesuai dengan kebenaran ilmu, terdapat nilai dan keterampilan yang dikembangkan, peta konsep sesuai dengan kaidah pembuatan peta konsep, dan sesuai dengan struktur dan sistematika bahan ajar. Hasil uji keterpahaman bahan ajar memiliki persentase 89,57% dengan kategori mandiri (self-instructional). Hasil uji kelayakan bahan ajar memiliki persentase 95,42% dengan kategori sangat layak.
Copyrights © 2022