Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 6, No 3 (2022)

Analisis Kebutuhan Pengembangan Unit Pembelajaran Pemanasan Global Berbantuan Augmented Reality Terintegrasi Pemodelan Data Cuaca untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah

Dwi Canna Orenta Elcane (Universitas Bengkulu)
Henny Johan (Universitas Bengkulu)
Afrizal Mayub (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan unit pembelajaran pemanasan global berbantuan augmented reality terintegrasi data cuaca untuk meningkatkan keterampilan pemecahan. Metode penelitian ini termasuk penelitian deskriptif  yang termasuk ke dalam penelitian research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini menggunakan tahap Analysis, bertujuan untuk menganalisis kebutuhan unit pembelajaran pemanasan global berbantuan augmented reality terintegrasi data cuaca. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket kebutuhan siswa dan lembar observasi. Bahan ajar yang akan dikembangkan yaitu unit pembelajaran yang dapat memuat teks, gambar serta video yang berkaitan dengan materi. Untuk menyajikan video pembelajaran menggunakan aplikasi augmented reality serta materi didukung dengan data cuaca. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kebutuhan 35 siswa terdapat pembelajaran fisika sebesar 74% pada kategori setuju, indikator tampilan unit pembelajaran sebesar 69% pada kategori setuju, indikator atribut pendukung unit pembelajaran yaitu sebesar 79% pada kategori sangat setuju, indikator keterampilan yang akan dilatihkan sebesar 79% pada kategori sangat setuju. Hasil tersebut menunjukan perlunya dikembangkan bahan ajar berupa unit pembelajaran berbantuan augmented reality terintegrasi data cuaca pada materi pemanasan global untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. This research was conducted to analyze the need for developing a global warming learning unit assisted by integrated augmented reality weather data to improve solving skills. This research method includes descriptive research in research and development (R&D) research with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) research model. This study uses the Analysis stage to analyze the needs of global warming learning units assisted by integrated augmented reality weather data. Data collection instruments are in the form of questionnaire sheets for student needs and observation sheets. The teaching materials to be developed are learning units containing text, images and videos related to the material. To present learning videos using augmented reality applications and materials supported by weather data. Data collection techniques use needs questionnaires and observations. Data analysis techniques use quantitative and qualitative descriptive analysis. The results of the analysis of the needs of 35 students contained physics learning by 74% in the agree-on category, the learning unit display indicator by 69% in the agree category, the supporting attribute indicator of the learning unit, which was 79% in the very agree category, the skill indicator to be trained by 79% in the very agree category. These results show the need to develop teaching materials as augmented reality-assisted learning units integrated with weather data on global warming materials to improve problem-solving skills. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika publishes articles from research in the field of physics education, which have not been published elsewhere. This Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is periodically published by the Physics Education Study Program, Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher ...