Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R"
Vol 6, No 2 (2022): Desember

PENGARUH DESAIN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KEDAI COFFEE TERSERAH KOTA LUWUK

La Saudin (Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai)
Sutrisno K Djawa (Universitas Muhammadiyah Luwuk)
La Diu Samiu (Universitas Ichsan Gorontalo)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh Desain Produk dan Harga terhadap keputusan pembelian Pada Kedai Coffee Terserah Kota Luwuk, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu Metode Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil uji Validitas dan Realibilitas secara keseluruhan hasilnya menunjukkan bahwa instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah valid dan reliabel. Hasil Koefisien Linear Berganda diperoleh persamaan Y = 0,096 + 0,766 X1 + 0,202 X2 pengujian Uji F atau Uji Simultan yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel X dan variabel Y secara keseluruhan. Dari perhitungan SPSS versi 25.00 maka dihasilkan nilai f hitung 254,732 dan nilai f tabel adalah 3,15 maka f hitung 245,732 > f tabel 3,15 berarti ada pengaruh secara simultan, dan dengan membandingkan level of significant (α) 5% diperoleh hasil probabiliti 0,00 karena 0,00 < 0,05 maka ada pengaruh secara simultan selebriti endorser (X1) dan desain produk (X2), terhadap keputusan pembalian (Y). Pengaruh secara parsial semua berpengaruh ini dibuktikan nilai signifikansi > 0,05. Hasil dari regresi diperoleh R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,830 atau 83 % artinya variabel dependen (Y) dalam model (Y) dijelaskan oleh variabel independen (X) Desain Produk (X1) dan Harga (X2), sedangkan sisanya sebesar 17 % dijelaskan oleh faktor lain tidak dihipotesiskan atau variabel lain yang tidak dimasukkan didalam model dan koefisien korelasi sebesar 0,60, hal ini berati korelasinya kuat. Kata Kunci : Desain Produk, Harga, Keputusan Pembelian ABSTRACT This study aims to determine the influence of celebrity endorsers on Vivo Smartphone purchase decisions, this study uses a quantitative method, namely the Multiple Linear Regression Method. Based on the results of the Validity and Reliability test overall the results indicate that the measurement instrument used in this study is valid and reliable. The results of the Multiple Linear Coefficient obtained by the equation Y = 0.096 + 0.766 X1 + 0.202 X2 Testing the F Test or Simultaneous Test which is used to determine the effect of the X variable and Y variable as a whole. From the calculation of SPSS version 25.00, the f arithmetic value is 254.732 and the f table value is 3.15, then f count 245.732 > f table 3.15 means that there is a simultaneous effect, and by comparing the level of significant (α) 5%, the probability 0 results are obtained. ,00 because 0,00 < 0,05 then there is a simultaneous influence of celebrity endorser (X1) and product design (X2), on the decision to repurchase (Y). The partial effect of all these effects is evidenced by the significance value > 0.05. The results of the regression obtained R2 (coefficient of determination) of 0.830 or 83%, meaning that the dependent variable (Y) in the model (Y) is explained by the independent variable (X) Product Design (X1) and Price (X2), while the remaining 17% is explained by other factors are not hypothesized or other variables are not included in the model and the correlation coefficient is 0.60, this means the correlation is strong. Keywords: Product Design, Price, Purchase Decision

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

emor

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen "Emor" (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) diterbitkan 2 kali setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan ilmu manajemen. Jurnal Emor berisi gagasan, laporan hasil penelitian serta pembahasan teori dan ...