Jurnal Penelitian Farmasi Indonesia
Vol. 11 No. 2 (2022): JPFI

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL HERBA KROKOT (Portulaca grandiflora) TERHADAP EFEK ANALGETIK PADA MENCIT (Mus musculus)

Bida cincin Kirana (Unknown)
Antonius Budiawan (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Portulaca grandiflora diketahui memiliki kandungan metabolit sekunder flavonoid, polisakarida, sterol, karotenoid, dan asam polifenol. Kandungan tersebut memiliki kemiripan dengan Portulaca oleracea. Portulaca oleracea mengandung flavonoid yang memiliki aktivitas antiinflamasi dengan mekanisme menghambat enzim COX (Cyclooxygenase) dan enzim lipoxygenase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol herba krokot (P. grandiflora) terhadap efek analgetik. Aktivitas analgetik diuji menggunakan metode hot plate dengan suhu 50-55°C. Pembagian kelompok uji antara lain kelompok kontrol negatif (diberi perlakuan suspensi CMC Na), kelompok kontrol positif (diberi ibuprofen 26 mg/kgBB), kelompok ekstrak dosis 1 (diberi ekstrak etanol herba krokot dosis 200 mg/kgBB), kelompok ekstrak dosis 2 (diberi ekstrak etanol herba krokot dosis 400 mg/kgBB), kelompok ekstrak dosis 3 (diberi ekstrak etanol herba krokot dosis 800 mg/kgBB). Hasil uji menunjukkan bahwa ekstrak etanol krokot (P. grandiflora) memiliki aktivitas analgetik pada mencit (Mus musculus) dengan dengan rata-rata total respon 3,3±1,5 untuk dosis 800 mg/kgBB, 6,0±0,0 untuk dosis 400 mg/kgBB, dan 6,5±4,0 untuk dosis 200 mg/kgBB yang seluruhnya berbeda signifikan dengan kontrol negatif pada menit ke-60.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpfi

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

Jurnal Penelitian Farmasi Indonesia adalah publikasi ilmiah berkala yang terbit dua kali dalam satu tahun (September dan Maret) dan menggunakan sistem peer-riview dalam seleksi makalah. Jurnal Penelitian Farmasi Indonesia menerima naskah publikasi tentang hasil penelitian, survei dan telaah pustaka ...