Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Volume 07, Nomor 02, Desember 2022

PENGARUH MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS III SDN 1 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022

Maulia Aniisa Sabilla (Universitas Mataram)
Ida Bagus Kade Gunayasa (PGSD FKIP Universitas Mataram)
Muhammad Tahir (PGSD FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2022

Abstract

Media kantong bilangan merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan materi penjumlahan serta nilai suatu bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan pada siswa kelas III SDN 1 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Cakranegara yaitu kelas III/A, III/B dan III/C. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dengan hasil kelas III/A sebagai kelas eksperimen dan kelas III/C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes tulis pre-test dan post-test mengenai materi penjumlahan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan pada siswa kelas III SDN 1 Cakranegara. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran tanpa menggunakan media kantong bilangan. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen setelah perlakuan sebesar 82,61 dan kelas kontrol sebesar 70,00. Berdasarkan analisis dengan uji N-Gain hasil kelas kontrol adalah sebesar 0,3038 yang termasuk dalam kategori sedang dan kelas eksperimen adalah sebesar 0,7257 yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan pada siswa kelas III SDN 1 Cakranegara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...