Oportunitas
Vol 2 No 01 (2021): Oportunitas

STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRI MAKANAN RINGAN (STUDI KASUS KERIPIK GERUS DESA PRUNGGAHAN WETAN KEC. SEMANDING KAB. TUBAN)

Giscka Brilien Purbasani (Universitas PGRI Ronggolawe)
Suwarno Suwarno (Unknown)
Muhammad Yusuf (Unknown)
Arif Unwanullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa marketing mix (bauran pemasaran ) merupakan alat pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan di pasar sasaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagimana strategi pemasaran yang diterapkan dalam produk keripik Gerus 2) Apa saja faktor pendukung dan penghabat dari usaha home indusrti keripik Gerus. Penelitian Marketing mix (bauran pemasaran) home indusrti keripik Gerus menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden terdiri dari 1 pemilik usaha home industri keripik Gerus dan 1 karyawan home industri keripik Gerus bagian produksi dan 1 karyawan home industri keripik Gerus bagian pemasaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) Bauran produk yang ada di usaha home industri keripik Gerus meliputi keanekaragamaan produk, kualitas, ukuran, kemasan dan pelayanan 2) bauran harga meliputi daftar harga 3) Bauran tempat meliputi lokasi 4) Bauran promosi meliputi periklanan, permanfaatan media dan pemasaran langsung 5) Sedangkan faktor penghambatnya terkendala dalam memperoleh bahan bakau, kurangnya memanfaatkan teknologi yang bisa memudahkan proses produksi, serta kesulitan dalam pengiriman keluar pulau 6) faktor pendukung usaha home industri keripik Gerus yaitu keripik Cap Gerus menjadi Trade Merk merek dagang oleh- oleh khas Tuban 7). Saran yang disampaikan untuk pemilik usaha home industri keripik Gerus yaitu diharapkan usaha home industri keripik Gerus untuk lebih bisa memanfaatkan teknologi yang bisa memudahkan dalam proses produksi agar lebih efisien dan menjalin hubungan baik dengan pemasok serta mengekspor kedaerah-daerah selain di kota Tuban untuk mencari kebutuhan bahan baku.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

oportunitas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal OPORTUNITAS diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban di Tuban sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang ilmu di bidang pendidikan ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi yang berupa hasil penelitian lapangan atau laboratorium maupun ...