cover
Contact Name
Yosia Dian Purnama Windrayadi
Contact Email
dianyosia@gmail.com
Phone
+6285217664694
Journal Mail Official
oportunitasunirow@gmail.com
Editorial Address
Jalan Manunggal No. 61, Gedongombo, Tuban, Jawa Timur
Location
Kab. tuban,
Jawa timur
INDONESIA
Oportunitas
ISSN : -     EISSN : 27215954     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal OPORTUNITAS diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban di Tuban sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang ilmu di bidang pendidikan ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi yang berupa hasil penelitian lapangan atau laboratorium maupun studi pustaka. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 45 Documents
PENGARUH GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PLUMPANG Handaru Indrian Adi; Suwarno Suwarno; Ridaul Innayah
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 01 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.265 KB)

Abstract

Era teknologi yang semakin canggih ini, orang tua menganggap bahwa gadget merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mendidik anak, sehingga bukan menjadi hal yang aneh lagi apabila anak mendapat fasilitas gadget dari orang tuanya. Gadget juga mendatangkan pengaruh positif dalam bidang pendidikan yaitu untuk mencari refrensi, mencari pertanyaan, mudah mendapatkan informasi, dan mudah untuk berbisnis. Sedangkan pengaruh negatif bagi pelajar yaitu digunakan untuk bermain game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh gadget terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kasus atau penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Plumpang sebanyak 120 siswa dengan menggunakan teknik Random Sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 55 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan interview, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas data, uji linieritas, uji regresi secara parsial (uji t) dan koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggaruh gadget terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X sekolah SMA Negeri 1 Plumpang sebesar 45,3%. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment sebesar 0,673 hal ini berarti terjadi hubungan yang cukup erat/ cukup kuat karena nilai 1. Dengan koefisien determinasi sebesar 45,3% maka berpengaruh positif, artinya pengaruh Gadget berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Plumpang Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Sedangkan sisanya sebesar 54,7% dipengaruh oleh variabel lain.
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DESA LERAN WETAN KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN TAHUN 2017 Arif Unwanullah; Yudi Supiyanto; Henny Sri Astuty
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 01 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.702 KB)

Abstract

Tingkat pendidikan mempunyai pengaruh terhadap peertumbuhan ekonomi masyarakat. Desa Leran Wetan memiliki jumlah penduduk yang padat dengan tingkat pendidikan yang bermacam-macam dan mempengaruhi tingkat pekerjaan yang beragam sehingga bisa memenuhi perekonomiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan tingkat pendidikan masyarakat Desa Leran Wetan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban (2) Mendeskripsikan tingkat perekonomian masyarakat Desa Leran Wetan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban (3) Mendeskripsikan pengaruh tingkat pendidikan masyarakat Desa Leran Wetan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Metode Penelitian yang dipakai yaitu kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan secara obyektif sesuai dengan metode statistik yang digunakan. Dalam penelitian ini populasinya adalah jumlah masyarakat berdasarkan tingkat pendidikan sebanyak 1.926 dengan sample 116. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pendidikan masyarakat Desa Leran wetan memiliki tamatan yang bermacam-macam karena ditunjang dari fasilitas dan lembaga pendidikan yang lengkap.. Pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa leran Wetan memiliki kondisi ekonomi yang cukup baik karena mayarakatnya memiliki tingkat pekerjaan yang bermacam-macam walaupun mayoritas adalah petani, Hal ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Leran Wetan cukup mengalami peningkatan. Sedangakan hasil pengaruh tingkat pendidikan terhadap pertumbuhan menunjukkan pengaruh yang signifikansi, hal tersebut ditunjukkan dari hasil korelasi moment sebesar 0,656 hal ini berarti terjadi hubungan yang cukup erat/cukup kuat karena nilai R mendekati nilai 1. Dengan koefisien determinasi sebesar 43% berpengaruh positif sedangakn 57% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Berdasarkan hasil analisis uji t berpengaruh signifikan terbukti dengan hasil perhitungan sebesar 9,268, sed
PENGARUH GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MEDIA KINESTETIK DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELA Amiliyah Amiliyah
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 01 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.75 KB)

Abstract

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa yaitu metode penyampaian guru dalam belajar mengajar. Untuk meningkatkan kualitas tersebut diperlukan penggunaan sebuah metode pembelajaran yang menyenangkan dan aktif. Metode pembelajaran itu salah satunya diantaranya adalah penggunaan metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dikelas XI Ak SMKN 2 Tuban tahun pelajaran 2017/2018, 2) pengaruh Pembelajaran Melalui Strategi Everyone is a Teacher Here dikelas XI Ak SMKN 2 Tuban tahun pelajaran 2017/2018 , 3) pengaruh Strategi Everyone is a Teacher Here dengan Media Kinestetik untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dikelas XI Ak SMKN 2 Tuban tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Ak SMKN 2 Tuban pada bulan maret-april 2018. Populasi pada penelitian ini adalah 44 siswa, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kontekstual di kelas XI SMKN 2 Tuban tahun pelajaran 2017/2018 sebesar 62,5%, 2) Terdapat pengaruh signifikan strategi Everyone is a Teacher Here terhadap keaktifan siswa dikelas XI Ak SMKN 2 Tuban tahun pelajaran 2017/2018 sebesar 51,39%, 3) Terdapat pengaruh signifikan media kinestetik terhadap hasil belajar siswa kelas XI Ak SMKN 2 Tuban tahun pelajaran 2017/2018 sebesar 86,36%, dari sebelumnya 77,23%.
PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI CAR WASH ONE DRIVE KOTA TUBAN Candra Aeni; Dumiyati Dumiyati; Mario Fahmi Syahrial
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 01 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.407 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Car Wash One Drive di Tuban, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada Car wash One Drive di Tuban. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Car Wash One Drive di Tuban. Sampel dalam penelitian ini ditentukan 50 orang responden. Penelitian ini dilaksanakan diperusahaaan Car Wash One Drive Tuban Jl. Letda Sucipto No 8 Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda dan data tersebut dianalisis menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis menggunakan program SPSS terbukti bahwa bersama – sama variabel Tangible, Reability, Responsivenees, Empaty dan Assurance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Car Wash One Drive di Tuban. Ini dibuktikan dengan T hitung sebesar 9,340 dengan nilai signifikan 0.00 < 0,05 untuk variable Tangible, untuk variabel Reability dan T hitung sebesar 3.664 dengan nilai signifikan sebesar 0.508 < 0,05, untuk variabel Responsisvenees T hitung sebesar 2.559 dengan nilai signifikan 0,577 < 0,05, untuk variable Emphaty T hitung sebesar 2.436 dengan nilai signifikan 0,664, untuk variable Assurance T hitung sebesar 4.847 dengan signifikan 0.000. secara simultan kualitas pelayanan yang terdiri dari variable Tangible, Reability, Responsisvensees, Emphaty, Assurance, berpengaruh sugnifikan terhadap kepuasan konsumen Car Wash One Drive di Tuban, ini dibuktikan dengan F hitung sebesar 90.709 dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Nilai R sebesar 0.916, berarti hubungan keeratan secara bersama – sama antara variable dependen dan independent sangat kuat karena R berada diantara 0,80 – 1,000. Nilai Adjust Rsquare 0,830 yang artinya 83.0 % dari Tangible, Reability, Responsivensees, Emphaty, Assurance mempengaruhi terjadinya kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Car Wash One Drive di Tuban.
PENGARUH MOTIVASI, KEBIASAAN BELAJAR, SARANA BELAJAR, DAN GAYA MENGAJAR GURU PADA PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA MA MANBAIL FUTUH JENU TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Siti Khumaidah; Misbah Misbah
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 01 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.748 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Manbail Futuh Jenu. 2. Pengaruh kebiasaan belajar dalam prasarana belajar terhadap hasil belajar kelas X MA Manbail Futuh . 3. Pengaruh motivasi belajar terhadap gaya mengajar guru pada kelas X MA MANBAIL FUTUH JENU. 4.Untuk mengetauhi bagaimana pengaruh kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MA Manbail Futuh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif assosiatif kuantaitatif metode survei, Teknik pengabilan data menggunakan lembar observasi. Pengmbilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA MANBAIL FUTUH JENU berjumlah 136 siswa. Menurut Slovin dengan presisi 10% jadi sampel yang diambil adalah 58 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier parsial dan simultan dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukakan bahwa Motivasi (X1) terhadap Prestasi Hasil Belajar (Y) sebesar 50,4%, pengaruh Kebiasaan Belajar (X2) terhadap Prestasi Hasil Belajar (Y) sebesar 51,7% , dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat sarana belajar terhadap prestasi hasil belajar siswa MA MANBAIL FUTUH JENU terendah sebesar 45,1 %, bahwa pengaruh Gaya Mengajar Guru (X4) terhadap Prestasi Hasil Belajar (Y) sebesar 47,7%.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI SMKN 2 TUBAN TAHUN AJARAN 2017/2018 Niniek Widiarochmawati
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 01 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.683 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaif dengan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian the post-test only control design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 2 Tuban, dengan teknik pengambilan sample sensus sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Pada penelitian ini kelas yang digunakan sebagai sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPS-2 sebagai kelas eksperimen II. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder,data primer diperoleh dari sumber asli yaitu nilai posttest dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Two Stay Two Stray , dan data skunder yang digunakan adalah data nilai Ujian Tengah Semester yang diperoleh sudah dalam bentuk jadi atau data yang sudah diolah oleh sekolah. Teknk analisis data yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah Uji t. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning adalah 85 dan hasil yang menggunakan model Two Stay Two Stray adalah 81. Berdasarkan perhitungan uji t untuk nilai posttest kedua kelas eksperimen diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,104 > -2,002) dan signifikansi < 0,05 (0,04 < 0,05), maka Ho ditolak. Jadi ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara yang diberikan model Discovery Learning dengan model Two Stay Two Stray pada pokok bahasan Kerja Sama Ekonomi Internasional kelas XI SMKN 2 Tuban tahun Ajaran 2017/2018. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray
KAJIAN KESEJAHTERAAN SOSIAL, PENDIDIKAN DAN EKONOMI MASYARAKAT DI KOTA MALANG Januar Kustiandi; Dian Rachmawati
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 01 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.135 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, penyebab ketidaksejahteraan, serta upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Malang. Analisis data berpedoman pada model analisis data interaktif. Sedangkan untuk mengetahui strategi kebijakan yang bisa diambil oleh pemerintah dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat di Kota Malang mengalami peningkatan kualitas, yang ditunjukkan dengan penurunan tingkat keluarga pra sejahtera. Hal ini didukung oleh peran pemerintah, swasta, dan perguruan tinggi yang memberikan kontribusi berupa pemberian pelayanan dasar (kesehatan dan pendidikan) secara gratis bagi masyarakat asli Kota Malang oleh pemerintah. Selain itu program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh pihak perguruan tinggi, juga mampu meningkatkan kualitas SDM masyarakat. Sedangkan dari pihak swasta memberikan kontribusi berupa pemberian dana CSR yang digunakan untuk peningkatan pembangunan saranan dan prasarana public serta pemberian beasiswa.
ANALISIS INTERNALISASI NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN DALAM MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN Syahrul Munir; Kharisma Danang Yuangga
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 01 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.305 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang dilakukan untuk menganalisis internalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada mahasiswa pada saat pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan di jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Data dikumpulkan melalui: 1) wawancara mendalam (in depth interview); 2) observasi partisipan (participant observation); 3) studi dokumentasi (study of documents). Data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif dari Miles & Huberman. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan pembelajaran kewirausahaan, nilai-nilai kewirausahaan terinternalisasi dengan baik. Mahasiswa merasakan arti pentingnya berwirausaha. Nilai-nilai kewirausahaan seperti kepekaan membaca peluang usaha, kreatif dan inovatif, keberanian mengambil resiko, kejujuran & keuletan dalam berwirausaha, serta keterampilan dalam mengambil keputusan (kemimpinan) dapat tertanam dengan baik ke dalam diri mahasiswa. Dengan nilai-nilai tersebut, mahasiswa melakukan kegiatan kewirausahaan sederhana dengan menciptakan produk olahan makanan, kerajinan, dan platform (aplikasi) jual beli.
PENGARUH KOMPENSASI DAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN KSPPS BMT SURYA RAHARJA PUSAT KAB. TUBAN anisatu sa'dyah; Muhammad Yusuf
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 02 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.325 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kompensasi dan komunikasi dalam organisasi berpengaruh terhadap loyalitas karyawan pada KSPPS BMT Surya Raharja Pusat Kab. Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Subjek penelitian adalah karyawan KSPPS BMT Surya Raharja Pusat Kab. Tuban yang berjumlah 257 kemudian diambil sampel sejumlah 39 karyawan. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengujian beberapa cara yaitu uji intrumen (validitas dan reabilitas), uji prasarat yang terdiri dari (normalitas dan linearitas), uji hipotesis (regresi linear berganda, uji T, uji F, dan determinasi) dengan bantuan SPSS v.25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi dan komunikasi organisasi secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas karyawan pada KSPPS BMT Surya Raharja Pusat Kab. Tuban dengan pengaruh 47% yang merupakan kemampuan variabel independen dalam mempengaruhi variabel dependen. Variabel kompensasi memiliki pengaruh yang lebih dominan dalam mempengaruhi loyalitas karyawan dilihat dari nilai Standardized Coefficients Beta pada variabel kompensasi X1 = 0,402 (β) > variabel komunikasi organisasi X2 = 0,368 (β). Pimpinan KSPPS BMT Surya Raharja Pusat Kab. Tuban harus perlu memperhatikan faktor kompensasi dan komunikasi organisasi untuk kelancaran dan tercapainya tujuan lingkup organisasi. kompensasi, komunikasi, loyalitas
STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN USAHA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Ig Farm Di Paciran Lamongan) Diki Setiawan; Candra Aeni
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 02 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.361 KB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting dalam dunia usaha. Pada kondisi seperti sekarang yaitu negara Indonesia terdampak pandemic Covi-19, sebuah pemasaran merupakan factor pendorong untuk mempertahankan sebuah usaha sehingga perusahaan tidak mengalami gulung tikar ketika mengalami dapak pandemi Covid-19 dimana seluruh dunia mengalami pembatasan sosial bahkan sampai mengentikan sesorang untuk bekerja. Ilmu pengetahuan dalam dunia pemasaran sangat penting bagi seluruh perusahaan, ketika dihadapkan pada suatu maalah seperti pandemi Civid-19, menurunya pendapatan masyarakat, menurunya pendapatan perusahaan, menurunya minat beli konsumen terhadap suatu produk sehingga mengakibatkan perusahaan menyerah untuk melakukan proses produksi salah satu cara menghadapi dunia pasar yang tidak menentu pada waktu pandemi Covid-19 maka dilakukan penelitian. penelitian ini dilakukan untuk meneskripsikan strategi pemasaran dan bagaimana mempertahankan penjualan produk lele sehat dan juga lele krispy integrated growth farm paciran lamongan dan bagaimana perencanaan strategi pemasaran dalam upaya mempertahankan kan penjualan produk pada integrated growth farm paciran lamongan. Pendekatan dalam penelitian ini melalui metode kualitatif deskriptif dengan melakukan survey secara langsung untuk mencari informasi serta bukti untuk memperjelas permasalahan yang terjadi pada perencanaan strategi pemasaran dalam mempertahankan penjualan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui interview, observasi dan dokumentasi. Teknik alalisa yang digunakan adalah deskriptif yaitu untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikanya atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Hasil dari analisis sebuah strategi pemasaran yang terdiri dari segmentasi pasar dan bauran pemasaran menunjukan adanya hasil baik bahkan dapat peningkatan penjualan dari bulan ke bulan dan dapat digunakan sebagai strategi pemasaran dalam masa krisis seperti pandemic covid-19 maupun pada saat normal kedepan.