JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika
Vol. 4 No. 2 (2022): JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika, Edisi November 2022

Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Menggunakan Aplikasi MATLAB dalam Pembelajaran Matematika

Nofi Qurniati (Universitas Dehasen Bengkulu)
Jhoanne Fredricka (Universitas Dehasen Bengkulu)
Lena Elfianty (Universitas Dehasen Bengkulu)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Belajar matematika di kelas selalu menggunakan metode konvensional sehingga dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar dan hasil belajar pada model pembelajaran Cooperative Numbered Heads Together menggunakan aplikasi MATLAB pada Pembelajaran Matematika Siswa .Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen dengan desain The One Shot Case Study yaitu penelitian yang hanya dilakukan pada satu kelompok sampel.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Padang.Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menghitung skor masing-masing siswa.Kemudian tentukan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan.sedangkan untuk motivasi belajar dianalisis dengan membandingkan penjumlahan skor angket motivasi awal dengan skor angket motivasi akhir siswa. Secara klasikal, dari 38 siswa yang mengikuti ujian akhir, 28 orang atau 73,68% telah mencapai ketuntasan. Motivasi belajar diperoleh 31 siswa yang motivasinya meningkat dan hanya 7 siswa yang motivasinya menurun.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUKI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUKI: Jurnal Komputer dan Informatika (e-ISSN: 2722-4368) berfokus pada keilmuan yang ada tentang Komputer dan Informatika, yaitu Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan & Multimedia, Teknologi Web & Mobile, serta kecerdasan Buatan & game. Akan tetapi JUKI juga tidak membatasi terhadap ...