Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 8 No. 2 (2022): Volume 08 No 02, Desember 2022

PERAN FILSAFAT ILMU DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Diana Gusti Alfiyanti (Universitas Negeri Padang)
Desyandri (Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang)
Yeni Erita (Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Saat ini kita telah memasuki era industri generasi ke empat. Ciri khas revolusi generasi ini adalah berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi canggih untuk mengatasi masalah dalam hidup. Dunia pendidikan tentunya mempunyai tantangan tersendiri dalam menyikapi perubahan ini karena ilmu pengetahuan dan teknologi tidak mampu menanamkan budaya Indonesia yang mana memiliki nilai-nilai luhur, adab, serta sopan santun. Kalau perkembangan tersebut tidak diselaraskan dengan filsafat ilmu maka tidak akan tercermin budaya indonesia tersebut pada generasi muda di zaman sekarang. Filsafat ilmu berusaha menempatkan dan mengembalikan tujuan mulia dari ilmu sehingga ilmu yang diciptakan pada masyarakat modern, tidak menjadi bomerang membawa kehancuran umat manusia. Tujuan penelitian ini adalah melihat peran filsafat ilmu dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0 menggunakan metode penelitian studi literatur. Salah satu jenis penelitian yang disebut penelitian perpustakaan dan melibatkan berbagai bahan referensi teks untuk melihat mana yang masih relevan dengan masalah ini. Kesimpulan penelitian ini adalah mengklarifikasi peran filsafat ilmu dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...