Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMKN 1 Lembah Gumanti

Ria Ratna Sari (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Ade Pratama (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Ami Anggraini Samudra (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran informatika di SMKN 1 Lembah Gumanti. penelitian ini merupakan penelitian kunatitatif dengan jenis eksperimen bagian pretest posttest only control group desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Lembah Gumanti jurusan MPLB yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 70 orang yang terbagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ditentukan dengan random sampling, syarat menggunakan random sampling harus melakukan uji normalitas dan homogenitas. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Hasil belajar pada kelas eksperimen menunjukkan banyaknya siswa yang mendapat nilai tinggi dari pada kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen yaitu 41,14 dan kelas kontrol 36,57 sedangkan untuk nilai posttest kelas eksperimen dengan rata-rata 85,77 dan kelas kontrol dengan rata-rata 52,68. Dari hasil alternatif, hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Dari analisis ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran informatika di SMK Negeri 1 Lembah Gumanti. Kata Kunci: media video, hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...