Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Clustering Menggunakan Algoritma K-Means Pada Penyakit ISPA di Puskesmas Kabupaten Karawang

Vickry Ramadhan (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Apriade Voutama (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2022

Abstract

ISPA merupakan penyakit yang sering terjadi di masyarakat. ISPA dapat menyerang berbagai kalangan terutama anak anak baik pernapasan bawah maupun atas, dan dapat menyebabkan berbagai infeksi dari infeksi ringan hingga dapat menyebabkan kematian. Dalam kasus beberapa yang terjadi khususnya yang terjadi dibeberapa puskesmas yang berada di Kabupaten Karawang itu tersendiri sudah sangat banyak. Oleh karena itu agar tidak terjadinya peningkatan penyakit ISPA di perlukan suatu meotde yang efektif untuk membantu kegiatan puskesmas dalam pencegahan penyebaran penyakit ISPA. Tujuannya agar puskesmas bisa melihat desa mana saja yang membutuhkan perhatian lebih dalam menangani kasus penyebaran penyakit ISPA. Untuk itu diperlukan pengelompokan (cluster) terhadap desa mana saja yang membutuhkan perhatian dan penanganan yang efektif. Sehingga diperoleh puskesmas mana saja yang memiliki kasus terbanyak sehingga dapat dijadikan salah satu acuan untuk menentukan sebuah wilayah mana saja yang paling banyak sehingga wilayah tersebut bisa menjadi fokus utama. pada hasil ini akan di jelaskan tentang yang sudah di teliti yaitu dengan sesuai alur yang telah di rencanakan antara lain yaitu menggunakan algoritma K-Means dengan menggunakan metodologi knowledge discovery in database (KDD) yang terdiri beberapa tahapan yaitu data selection, data cleaning, data integration, data transformation,data mining, dan knowledge atau evaluation. Serta menggunakan tools RStudio dalam melakukan proses pengolahan data.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...