Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital pada Paragraf Menggunakan Pedoman Puebi Siswa Kelas II SDN 04 Sepatan

Muawanah Muawanah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Septy Nurfadhillah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Yeni Nuraeni (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana kesalahan penulisan huruf kapitaldi kelas 2. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan desain penelitian mengenai kesalahan yang terjadi dalam melakukan penulisan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 sebagai informan pertama mengenai kesalahan penulisan pada huruf kapital, guru kelas 2 sebagai informan ke dua dalam permasalahan kesalahan penulisan huruf kapital, Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument observasi dalam melakukan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengodean, sehingga peneliti lebih mudah mengelompokan data, sehingga mudah dalam penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan pada penggunaan huruf kapital pada awal kalimat yang dimana jumlah kesalahan dari 20 siswa sebanyak 99 kesalahan pada indiktor 1. Kesalahan pada indikator 2 sebanyak 69 kesalahan dari 20 siswa. Kesalahan pada indikator 3 sebanyak 37 kesalahan dari 20 siswa. Kesalahan pada indikator 4 sebanyak 2 kesalahan dari 20 siswa. Dan pada indikator 5 sebanyak 22 kesalahan dari 20 siswa. Siswa juga mengalami kesuliat penangkaan materi yang diberikan guru, karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan sebelumnya melalui onlie. Masalah yang dihadapi guru adalah masih terdapatnya peserta didik yang kurang memahami mengenai materi yang diajarkan oleh guru, dan kegiatan pembelajaran yang di langsungkan secara online. Dan kurangnya juga minat dan motivasi dari siswa itu sendiri

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...