Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Strategi Pembelajaran Luring Sejarah Kebudayaan Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 4 Agam

Lisa Anggra Yani (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Iswantir M (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Wedra Aprison (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Arman Husni (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan, (1) Mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran luring SKI pada materi Dinasti Umayyah di Damaskus kelas X IPS 2 Semester Genap TA. 2021/2022 pada masa pandemi covid-19 di MAN 4 Agam, (2) Mengetahui kendala pembelajaran luring SKI pada materi Dinasti Umayyah di Damaskus kelas X IPS 2 Semester Genap TA. 2021/2022 pada masa pandemi covid-19 di MAN 4 Agam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan kunci dari penelitian ini hanya satu orang yaitu Guru Sejarah Kebudayaan Islam kelas X IPS, informan pendukung yaitu Siswa Kelas X IPS 2 dan kepala sekolah MAN 4 Agam. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik Analisis data: reduksi data, display data (penyajian data), penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi data yaitu dengan membandingkan hasil wawancara yang dilakukan pada informan kunci dan pendukung dengan mengamati secara langsung oleh penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Pembelajaran luring Sejarah Kebudayaan Islam pada masa pandemi covid-19 di MAN 4 Agam telah dilaksanakan dengan baik tetapi belum terlaksana secara maksimal, guru telah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan aturan pembelajaran pada masa pandemi covid-19, menggunakan berbagai macam metode pembelajaran diantaranya metode ceramah dan tanya jawab, menggunakan media power point dan video, serta melakukan interaksi dan pendekatan yang cukup baik, melakukan evaluasi sesuai dengan strategi pembelajaran luring dan melakukan remedial, (2) Kendala Pembelajaran Luring Sejarah Kebudayaan Islam pada masa pandemi covid-19 di MAN 4 Agam, keterbatasan tenaga pendidik, minimnya alokasi waktu yang membuat peserta didik susah memahami pembelajaran, fasilitas sarana prasarana yang kurang memadai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...