Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

The Effect Of Using Gist Strategy Toward The First Year Students’ Reading Comprehension At SMAN 1 Beringin

Stevani Anastasya Sitorus (Nommensen HKBP University Medan)
Putri Daud Simanjuntak (Nommensen HKBP University Medan)
Diana Sihombing (Nommensen HKBP University Medan)
Sahlan Tampubolon (Nommensen HKBP University Medan)
Tiarma Intan Marpaung (Nommensen HKBP University Medan)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2022

Abstract

Menurut penelitian pendahuluan yang dilakukan oleh penulis, siswa di sekolah tidak dapat memahami makna teks dalam buku teks mereka. Berbagai faktor berkontribusi terhadap masalah ini. Penulis, misalnya, tertarik untuk melakukan penelitian tentang topik ini karena beberapa siswa tidak memahami isi teks bacaan dan tidak dapat mengidentifikasi informasi rinci dalam teks. Misi dari penelitian ini adalah untuk menentukan jenis dan fungsi teks bacaan. menggunakan strategi GIST untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa tahun pertama di SMAN 1 Beringin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental untuk menganalisis data menggunakan strategi GIST. 260 siswa mengambil bagian dalam penelitian ini. Karena jumlah populasi yang kecil, maka penelitian ini menggunakan random sampling dengan dua kelas sebagai sampel: X1 adalah kelompok eksperimen, dengan 15 siswa, dan X6 adalah kelompok kontrol, dengan 15 siswa, dengan total 30 sampel dari dua kelas. . Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan rumus uji-t berpasangan manual. Setelah menganalisis data, penelitian menemukan nilai persentase siswa. Akibatnya, Ha didukung sementara Ho ditolak. Ini berarti bahwa penggunaan Strategi GIST meningkatkan pemahaman membaca siswa tahun pertama di SMAN 1 Beringin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...