Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming Terhadap Peningkatan Keterbukaan Diri Siswa Kelas XI MAN 2 Rembang

Diah Ayu Nur Cahyani (Universitas PGRI Semarang)
Tri Suyati (Universitas PGRI Semarang)
Ismah Ismah (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi siswa mengalami masalah hambatan dalam membuka dirinya untuk mengungkapkan suatu masalah yang sedang dihadapi, dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar yang cenderung pasif, jika ada suatu pertanyaan yang sekiranya kurang benar siswa tidak berani untuk menanggapinya, serta ada beberapa siswa yang tidak mau bergaul karena menganggap bahwa dirinya lebih mampu daripada orang lain dan mengabaikan pendapat orang lain. Salah satu alternatif yang dapat diberikan untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Rembang dengan jumlah 140 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 17 siswa kelompok kontrol dan 18 siswa kelompok eksperimen yang dibagi menjadi dua kelompok kecil eksperimen 1 berjumlah 9 siswa dan eksperimen 2 berjumlah 9 siswa. Dari hasil thitung sebesar 6.54 dan ttabel diperoleh dari db = n-2 sebesar 2.042 pada taraf signifikan 5%. Berarti thitung (6.54) > ttabel (2.042), maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming Terhadap Peningkatan Keterbukaan Diri Siswa Kelas XI MAN 2 Rembang”.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian true experimental design. Data penelitian menunjukan bahwa dari selisih rata-rata pretest dan posttest Skala Keterbukaan Diri siswa pada kelompok eksperimen sebesar 19.3 dan pada kelompok kontrol selisih rata-rata pretest dan posttest Skala Keterbukaan Diri sebesar 3.5. Hal ini menunjukan adanya perbedaan rata – rata Keterbukaan Diri antara kelompok eksperimen yang diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik Brainstorming dan kelompok kontrol yang tidak diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik Brainstorming yaitu sebesar 15.8.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...