JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala
Vol 7, No 4 (2022)

Pengaruh Intensitas Mengakses TikTok Terhadap Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa SMA N 3 Sragen

Danis Milania Rasmitasari (Sebelas Maret University)
Abdul Rahman (Sebelas Maret University)
Nurhadi Nurhadi (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

AbstrakInternet telah menjadi persoalan yang serius saat ini, dengan adanya internet menyebabkan para penggunanya kecanduan untuk mengakses media sosial terutama TikTok yang banyak digunakan para kaum pelajar sekarang ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari intensitas mengaksos TikTok yang dilakukan dengan tingkat prokrastinasi akademik yang dimiliki oleh para siswa SMA N 3 Sragen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas untuk membuat gambaran secara sistematis, fakta, aktual mengenai hubungan sebab-akibat dari fenomena yang diselidiki. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 95, teknik pengumpulan data menggunakan angket yang kemudian data yang telah terkumpul diolah menggunakan teknik uji instrument berupa Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Sedangkan uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana dan Uji-T dengan uji prasyarat berupa Uji Normalitas dan Uji Linearitas menggunakan IBM SPSS Statistics 25 untuk mengetahui apakah Intensitas Mengakses TikTok (X) berpengaruh positif terhadap Tingkat Prokrastinasi Akademik (Y).Kata Kunci: prokrastinasi, media sosial, TikTok.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUPE

Publisher

Subject

Education

Description

The Mandala Education Journal is an educational scientific research article and the results of Social research, Science, Politics, and the results of literature ...