Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 4 (Oktober 2022)

Efektivitas Penggunaan Media Edutoys Berbasis HOTS Terintegrasi Karakter Tema 6 Panas dan Perpindahannya

Sherin Damayanti (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Nur Ngazizah (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Arum Ratnaningsih (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media edutoys berbasis HOTS terintegrasi karakter tema6 panas dan perpindahnnya di kelas V.  Jenis penelitian menggunakan meteode penelitian quasi experiment dengan desain penelitian yatu pretest-posstest control group design. Sampel dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pretest dan posttest, observasi karakter, dan keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian dikatakan bahwa penggunaan media edutoys dikatakan efektif berdasarkan hasil: (1) Nilai keterampilan HOTS yang diperoleh dari nilai posttest pada kelas eksperimen diperoleh rerata 83 dengan kriteria sangat baik lebih baik dari perolehan kelas kontrol 61 dengan kriteria baik. (2) Observasi karakter pada kelas eksperimen diperoleh rerata 3,54 dengan kriteria sangat baik lebih besar dari kelas kontrol dengan rerata 3.08 dengan kriteria baik. (3) Keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rerta 96,9% dengan kriteria sangat baik. Sementara uji t media edutoys terhadap HOTS diperoleh  >  = 1,73406 dan media edutoys terhadap karakter diperoleh 2,181 >  = 1,73406 sehingga disimpulkan terdapat pengaruh antara media edutoys terhadap HOTS dan karakter pada tema 6 panas dan perpindahannya.Kata Kunci: HOTS, Karakter, Efektivitas, Edutoys,  AbstractThis study aims to determine the use of HOTS-based edutoys media integrated with 6 heat theme characters and their transfer in class V. This type of research uses a quasi-experimental research method with a research design that is pretest-posttest control group design. The sample in this study was divided into two classes, namely the experimental class and the control class. The instruments used were pretest and posttest sheets, character observations, and learning implementation. The results of the study said that the use of edutoys media was said to be effective based on the results: (1) The HOTS skill scores obtained from the posttest scores in the experimental class obtained an average of 83 with very good criteria, better than the control class acquisition of 61 with good criteria. (2) Observation of characters in the experimental class obtained an average of 3.54 with very good criteria, bigger than the control class with an average of 3.08 with good criteria. (3) The implementation of learning obtained an average of 96.9% with very good criteria. Meanwhile, the t-test of edutoys media on HOTS obtained  >  = 1,73406 and edutoys media on characters obtained 2,181 >  = 1,73406 so it can be concluded that there is an influence between edutoys media on HOTS and the characters in theme 6 heat and its transfer.Keywords: HOTS, Character, Effectiveness, Edutoys,

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...