Penelitian ini membahas tentang diplomasi budaya Korea Selatan dengan memperkenalkan budaya K-Pop melalui SM Entertainment sebagai aktor non-negara yang merupakan bagian dari soft power negara di Indonesia. Penelitian ini menggunakan konsep diplomasi budaya dan nation branding atau citra negara, metode penelitian studi kasus eksplorasi kualitatif yang digunakan dalam proses analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diplomasi budaya yang dilakukan oleh Korea Selatan melalui SM Entertainment di Indonesia memiliki tiga bentuk kegiatan. Ini termasuk pameran, negosiasi, penetrasi, dan berbagai bidang, seperti manajemen bakat, produksi konten visual, produksi acara, promosi, periklanan, merchandising, dan platform seluler yang bekerja sama dengan Trans Media. Selain itu, kegiatan tersebut dapat membantu Korea Selatan dalam usahanya untuk mendapatkan keuntungan, seperti yang terlihat pada banyak prestasi di Indonesia, seperti meningkatkan promosi budaya, meningkatkan citra negara, dan meningkatkan minat Indonesia terhadap budaya ini.
Copyrights © 2022