Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Pengunaan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar pada Subtema Jenis-jenis Pekerjaan Siswa Kelas IV SD

Johan R. Matondang (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Nancy Angelia Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Canni Loren Sianturi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Tema 1 Berbagai Pekerjaan Dengan Subtema Jenis-jenis Pekerjaan di SD Negeri 091347 Tigarunggu. Ada dua hipotesis dalam penelitian ini, yaitu (1) ada pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tema 1 Berbagai Pekerjaan dengan Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan di SD Negeri 091347 Tigarunggu (Ha), dan (2) tidak ada pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tema 1 Berbagai Pekerjaan dengan Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan di SD Negeri 091347 Tigarunggu (Ho). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Pre-Eksperimental yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 091347 Tigarunggu yang berjumlah 30 orang. Karena populasi kurang dari 50 orang maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest). Dan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 7,06 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema jenis-jenis pekerjaan di SD Negeri 091347 Tigarunggu. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...