Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Tema 1 Berbagai Pekerjaan Dengan Subtema Jenis-jenis Pekerjaan di SD Negeri 091347 Tigarunggu. Ada dua hipotesis dalam penelitian ini, yaitu (1) ada pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tema 1 Berbagai Pekerjaan dengan Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan di SD Negeri 091347 Tigarunggu (Ha), dan (2) tidak ada pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tema 1 Berbagai Pekerjaan dengan Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan di SD Negeri 091347 Tigarunggu (Ho). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Pre-Eksperimental yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 091347 Tigarunggu yang berjumlah 30 orang. Karena populasi kurang dari 50 orang maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest). Dan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 7,06 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema jenis-jenis pekerjaan di SD Negeri 091347 Tigarunggu. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Copyrights © 2022