Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Hasil Belajar Penjas di SMP Negeri 3 Cikarang Utara

Muhamad Farhan Amien (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Irfan Zinat Achmad (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Rahmat Iqbal (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan hasil belajar penjas pada siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Cikarang Utara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini penyebaran angket, instrument yang digunakan adalah pernyataan dengan skala Liker, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 3 Cikarang Utara yang berjumlah 210. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik analisis univariat dan analisis bivariat. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor yang berhubungan dengan hasil belajar yang baik adalah faktor intelegensi sebesar 64,8%, faktor minat belajar 61,4%, faktor motivasi belajar 66,2%, faktor gizi sebesar 63,3 %, faktor keluarga sebesar 61%, faktor guru sebesar 62,9 %, dan faktor sarana prasarana sebesar 66, 7%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...