Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Pojok Baca terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 091254 Batu Onom

Icca Fransiska Sinaga (Universitas HKBP Nommensen)
Christa Voni Roulina Sinaga (Universitas HKBP Nommensen)
Emelda Thesalonika (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh pojok baca terhadap minat membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pojok baca terhadap minat baca siswa SDN 091254 Batu Onom dan besaran pengaruhnya. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil uji analisis regresi linear sederhana diketahui t hitung sebesar 5,341. Nilai t pada tabel statistik dengan signifikansi 0,05 dengan df= n-2 atau 30-2=28 adalah sebesar 2,048. Karena t hitung (5,341) > t tabel (2,048) maka pojok baca berpengaruh terhadap minat baca. Nilai R^2 (R Square) adalah 0,505, maka sumbangan pengaruh dari variabel pojok baca terhadap minat baca adalah sebesar 50,5% sedangkan sisanya 49,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulannya, terdapat pengaruh penerapan pojok baca terhadap peningkatan minat baca siswa kelas V SDN 091254 Batu Onom sebesar 50,5%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...