Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Metode Ekspresi Bebas Dengan Teknik Kolase Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Dua Dimensi Siswa Kelas IV

Nurul Adawiya (Universitas PGRI Palembang)
Hermansyah Hermansyah (Universitas PGRI Palembang)
Noviati Noviati (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh metode ekspresi bebas pada hasil belajar seni rupa dua dimensi siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bentuk eksperimen semu (Quasi Eksperiment), desain yang digunakan adalah “Desain Nonequivalent Control Group Design, dengan pemilihan kelompok yang pilih berdasarkan hasil pretest”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 12 Air Kumbang. Sampel penelitian ini adalah kelas IV.A (eksperimen) dan kelas IV.B (kontrol). Dengan jumlah siswa 48 siswa kelas IV.A sebanyak 24 siswa dan kelas IV.B 24 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan bahwa hasil belajar pada tes akhir (posttest) kelas eksperimen sebesar 77,54 dan kelas kontrol sebesar 63,52, sedangkan rata-rata tes awal (prestest) kelas eksperimen sebesar 44,4 dan kelas kontrol sebesar 47,25. Dengan demikian, terjadi peningkatan setelah diterapkannya metode ekspresi bebas dengan teknik kolase. Hasil penelitian menunjukan nilai thitung sebesar 4,1338. Ini mnunjukan bahwa thitung = 4,1338 ? ttabel = 1,67722. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh metode ekspresi bebas terhadap hasil belajar seni rupa dua dimensi siswa kelas IV SD Negeri 12 Air Kumbang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...